JAKARTA – Sony baru saja mematenkan sebuah cartridge, diperkirakan untuk konsol next-gen-nya. Belum tau apa gunanya nanti, namun sepertinya ada dua kemungkinan, tentang apa fungsi benda misterius ini. 

Dilansir Tech Radar, kemungkinan pertama adalah fungsinya sebagai salah satu bagian dari perangkat mobile, bisa jadi penerus PS Vita. Namun jika melihat render yang dikeluarkan LetsGoDigital, sepertinya kemungkinan itu nyaris tidak logis. 

Kemungkinan kedua, dan mungkin yang paling mendekati kebenaran, adalah jika cartridge ini bentuk dari SSD ekternal, yang diperuntukan bagi PlayStation 5 nantinya.

Jawaban Kojima Atas Kritik Pedas Death Standing

Paten yang di-publish oleh INPI di Brazil ini sendiri, menyebutkan tentang fungsinya sebagai data recording dan media penyimpanan, ditemukan LetsGoDigital, yang beberapa waktu lalu, mengulas tentang wujud render dari devkit PS5 milik Sony itu. 

Adapun munculnya anggapan tersebut, adalah terkait dengan harga SSD yang terbilang mahal jika dibandingkan HDD, dan kemungkinan hanya akan menawarkan space terbatas jika bicara internal storage dari PS5

Jika benar perangkat ini adalah SSD eksternal dari PS5,  maka akan sangat menarik (dengan mengesampingkan harga) jika nantinya, SSD ini hanya perlu disematkan pada bodi PS5, tanpa harus melibatkan penggunaan kabel. Bagaimana menurut Anda?(ruf/fin)