PSSI Dipercaya AFF

JAKARTA – Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Penunjukkan ini menjadi nilai plus tambah untuk PSSI. Sebab, dipercaya oleh ASEAN Football Federation (AFF). Hal itu terbukti, ketika Federasi Sepakbola Asia Tenggara itu kembali memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah berbagai edisi Piala AFF.

Tak tanggung-tanggung AFF memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah empat ajang bergengsi Piala AFF pada periode 2020 hingga 2022 atau tiga tahun berturut-turut.

Kepastian tersebut diumumkan AFF pada acara Awards Night 2019 di Hanoi, Vietnam, Rabu (8/11) malam. Adapun empat ajang tersebut adalah Piala AFF U-19 Women 2020 yang merupakan turnamen pertama kali diadakan AFF. Setelah itu Piala AFF U-16 Putri 2020. Lalu Piala AFF U-15/U-16 selama 2020 hingga 2022. Selanjutnya Piala AFF U-18/U-19 2020 hingga 2022.

Oenunjukkan tersebut disambut baik oleh PSSI. Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan, perhelatan yang berlangsung mulai tahun depan bisa dijadikan pemanasan sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. “Kami akan melakukan persiapan yang baik dan maksimal pada saat menjadi tuan rumah,” ungkap Tisha seperti dikutip situs resmi PSSI, Sabtu (9/11) kemarin.

Terlebih, menjadi tuan rumah Piala AFF Wanita bakal menjadi hal baik bagi sepak bola di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut bakal menjadi momentum kebangkitan kompetisi sepakbola wanita yang kini telah bergulir. “Khusus Piala AFF Wanita kami ambil semua tuan rumah. Karena sekalian momentum kebangkitan sepak bola wanita Indonesia yang ditandai telah bergulirnya Liga 1 Putri mulai tahun ini. Selain dengan menjadi tuan rumah ini akan semakin meriah sepak bola Indonesia,” papar Tisha.

PSSI sebelumnya juga mendapat kepercayaan menggelar berbagai ajang AFF pada 2018. Turnamen itu adalah Piala AFF U-15, Piala AFF U-18, Piala AFF putri, Piala AFF U-15 putri, Piala AFF Beach Soccer, dan Piala AFF Futsal.

Semua event itu berjalan lancar. Indonesia bahkan sukses memanfaatkan momentum dengan menjuarai Piala AFF U-16 yang saat itu berlangsung di Jawa Timur. Untuk menghadapi berbagai edisi Piala AFF mulai tahun 2020 hingga 2022 itu, PSSI belum menyebutkan stadion mana saja yang bakal digunakan.

Namun, jika ingin mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, kemungkinan besar pelaksaaan ajang terebut tak berbeda seperti 10 venue yang sudah diajukan untuk kejuaraan sepak bola usia muda paling bergengsi di dunia tersebut.

Ke -10 stadion yang sudah diajukan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBK), Pakansari Bogor, Patriot Bekasi, Wibawa Mukti Cikarang, Si Jalak Harupat Bandung, Mandala Krida Yogyakarta, Manahan Solo, Gelora Bung Tomo Surabaya, I Wayan Dipta Bali, dan Jakabaring Palembang.

Di sisi lain, PSSI juga telah menyiapkan 23 pemain untuk menghadapi Malaysia pada matchday kelima Gurp G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 19 November 2019, mendatang.

Sebanyak 23 pemain yang dipanggil oleh induk sepak bola Tanah Air itu tak jauh berbeda dengan sebelumnya. Namun, ada beberapa nama baru turut dipanggil seperti, TM Ichsan (Bhayangkara FC), Ardi Idrus (Persib), Hendro Siswanto (Arema FC), Muhammad Tahir (Persipura), Dedy Gusmawan (Semen Padang).

Sisanya merupakan nama-nama langganan yang kerap memperkuat skuat Garuda di beberapa pertandingan sebelumnya. Seperti Andritany (Persija), Yanto Basna (Sukhotai FC), Irfan Bachdim (Bali United). Sementara, Rizky Pora (Barito Putera), Septian David Maulana (PSIS), Greg Nwokolo (Madura United), Febri Haryadi (Persib).

Rencananya, 23 pemain ini dikumpulkan pada Minggu (10/11) hari ini atau Senin (11/11) besok di Hotel Sultan, Jakarta. Mereka semua akan langsung berangkat ke Malaysia, Selasa (12/11) untuk melakukan latiahan dan persiapan.

(gie/fin/rh)