Juventus vs AC Milan: Suso Minta Dukungan Fans

TURIN – Juventus bakal menjadi tuan rumah laga pekan ke-12 Serie A. Pada Senin (11/11), Cristiano Ronaldo dkk akan melawan tim papan tengah AC Milan, yang tampil tidak konsisten sejak awal musim 2019-2020 berlangsung. Meski berbeda secara kasta, namun kedua tim dengan sejarah besar di Eropa itu, sebenarnya tengah berada di situasi yang kurang lebih sama penatnya.

Juventus yang semenjak ditinggal pelatih Massimiliano Allegri, digantikan Maurizzio Sarri, gagal menunjukkan kapabilitas terbaik tim yang dihuni oleh para pemain bintang. Di sisi lain, AC Milan sejak ditinggal Gennaro Gattuso, juga gagal menunjukan kualitas yang mereka tunjukkan satu musim sebelumnya.

Kendati demikian, posisi Juventus di klasemen sementara Serie A tidaklah jauh berbeda, dari beberapa musim sebelumnya. Meski gagal menunjukan permainan menyerang yang efektif, ditambah menurunnya kualitas serang Cristiano Ronaldo, juara Serie A delapan kali berturut-turut itu masih mampu memuncaki Liga Italia. Meski harus bersaing ketat dengan Inter Milan.

Sementara AC Milan, kini di posisi kedua belas klasemen, semakin menunjukan performa menurun. Apabila tren ini terus berlanjut hingga akhir musim, tim yang hanya terpaut lima poin dari Genoa dan Sampdoria di zona degradasi itu, bisa saja berada pada performa terburuknya sepanjang sejarah klub.

Kendati demikian, para pemain Rossoneri, julukan AC Milan, meminta agar para pendukung mereka, untuk tetap percaya jika salah satu tim tersukses dalam sejarah sepakbola Eropa itu, akan mampu keluar dari masa-masa kelamnya.

“Kami tahu jika kami harus memberikan lebih untuk Milan, demi sejarah klub dan para pendukung. Saat ini kami tengah berada di masa-masa yang sulit, kami sadari itu. Namun kami berupaya keras untuk menemukan jalan keluarnya,” kata Suso seperti dikutip Footbal Italia, Sabtu (9/11).

Terkait dengan kepelatihan Stafano Pioli yang dinilai gagal membawa AC Milan pada performa terbaiknya, pemain yang baru mencetak hanya satu gol dan satu assist semenjak awal musim Serie A bergulir, mengaku jika timnya masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukan penyesuaian.

“AC Milan punya apa yang dibutuhkan untuk menjadi tim hebat, dan terkadang butuh waktu untuk mencapai kualitas itu. Meski untuk klub sebesar ini hal itu bukanlah sebuah alasan. Namun saya rasa kita sudah berada di jalur yang benar dan ke depannya akan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Jika bicara head to head, maka di atas kertas, tuan rumah yang dijuluki Si Nyonya Tua itu, bukan lawan sembarangan bagi tim tamu. Karena dari delapan laga terakhir yang mempertemukan kedua tim, Juventus selalu mengakhiri laga dengan kemenangan, terakhir kali menang 2-1 saat keduanya bersua di venue yang sama April tahun ini. Jika melihat fakta tersebut, maka skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah sepertinya tak terelakkan.

Prakiraan Susunan Pemain:

Juventus:

Szczesny; Cuadrado, Bonnuci, Rugani, Sandro; Khedira, Matuidi, Pjanic, Ramsey; Ronaldo, Dybala

Pelatih: Maurizio Sarri

AC Milan:

Donnarumma; Calabria, Duarte, Romagnoli, Hernandez; Bonaventura, Bennacer, Paqueta; Calhanoglu, Piatek, Rebic

Pelatih: Stafano Pioli

(ruf/fin/rh)