Fuzhou China Open: Empat Wakil ke Perempat Final

FUZHOU – Empat wakil Indonesia akhirnya berhasil melangkah ke babak perempat final Fuzhou China Open 2019. Rangkaian gelar babak kedua akhirnya rampung digelar, Kamis (7/11).

Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi wakil Indonesia yang lolos ke babak perempat final.

Ganda putra yang berjulukan The Minions itu lolos setelah menyingkirkan pasangan Tiongkok He Ji Ting/Tan Qian. Selain The Minions, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti ikut menyusul. Kemudian pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Jonatan Christie di tunggal putra menambah daftar wakil Indonesia di kejuaraan kemarin.

Bak dejavu, laga kedua The Minions menjadi revans partai ulangan final tahun lalu itu kembali tersaji di babak kedua Fuzhou China Open 2019. Pertandingan dimenangkan Kevin/Marcus dengan skor 16-21, 21-11, 21-16.

“Di game pertama kami banyak mati sendiri, fokusnya belum dapet banget. Di game kedua dan ketiga untungnya kami bisa kembali lagi fokusnya. Kevin juga kontrol di bagian belakang lebih dapet,” kata Marcus usai pertandingan.

“He dan Tan kurang lebih permainannya sama dengan pasangan Tiongkok yang lain, pertahanan mereka solid, serangan-serangan yang cepat dan keras. Di game kedua kami mencoba lebih siap dan kurangi kesalahan sendiri,” tambah Kevin.

“Tadi nggak terpengaruh sih, kami kalau sudah di lapangan kan fokusnya ke pertandingan, jadi nggak begitu kedengaran suara penonton,” jawab Kevin ketika ditanya soal dukungan penonton kepada lawan mereka.

Pada babak perempat final, Kevin/Marcus akan berjumpa dengan wakil Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel. Dalam empat pertemuan sebelumnya, Kevin/Marcus belum pernah sekali pun kalah dari Lamsfuss/Seidel.

“Kami harus siap banget, tidak seperti pertandingan hari ini yang belum begitu siap. Fokusnya nggak dapet, mudah-mudahan besok lebih siap dari awal game,” ujar Marcus soal laga perempat final, hari ini.

Sementara Jonatan Christie lolos setelah melewati laga rubber game melawan Lee Cheuk Yiu (Hong Kong), dengan skor 21-8, 12-21, 21-14. Setelah menang telak 21-8 di game pertama, penampilan Jonatan antiklimaks di game kedua, ia tertinggal jauh 4-11 di interval game dan tak dapat keluar dari tekanan.

Namun di game ketiga, Jonatan bangkit dan mulai menemukan cara jitu untuk menghentikan Lee.

“Di game kedua saya merasa kurang siap, karena di game pertama menang dengan skor yang jauh. Tempo main game pertama pun beda sama di game kedua. Mungkin di game pertama lawan terkendala angin juga, ini yang saya alami di game kedua,” kata Jonatan.

Di babak perempat final, Jonatan akan berhadapan dengan Anders Antonsen dari Denmark. Laga esok akan menjadi pertemuan keempat bagi kedua pemain, Jonatan sementara unggul dengan skor 2-1.

“Kami sudah sama-sama capek, karena sudah ikut turnamen beruntun dan hari ini pun dia tandingnya ramai, saya juga main tiga game. Sebisa mungkin saya harus balikin kondisi,” tambahnya.

Di sisi lain, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sukses mengamankan satu tiket di babak perempat final usai mengalahkan pasutri asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, dengan skor 21-11, 21-13.

Dalam pertandingan berdurasi 30 menit ini, Praveen/Melati betul-betul memegang kendali. Duo Adcock tak dapat mengembangkan permainan mereka dan berada di bawah tekanan Praveen/Melati.

“Pasangan Eropa bisa dibilang pola mainnya rumit, mereka punya pola main yang nggak ngenakin buat kami. Tapi di pertandingan kali ini kami nggak mau memberi celah ke mereka masuk ke permainan mereka dan berusaha main di pola kami. Dari awal kami bisa langsung in dan tekan terus,” komentar Praveen soal pertandingan.

Sementara itu, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dikalahkan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai, dengan skor 21-23, 13-21. Babak perempat final Fuzhou China Open 2019 akan dilangsungkan hari ini, (8/11).

(dbs/fin/tg)