Sejumlah ASN Kedapatan Belanja di Jam Ngantor

JAMBI – Beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Pemkot Jambi dan Provinsi Jambi, kedapatan membolos di saat jam masuk kantor. Akibatnya, mereka terjaring razia kedisiplinan yang dilakukan oleh pihak Satpol PP Kota Jambi, di beberapa tempat perbelanjaan Selasa (5/11) sekira pukul 09.30.

Tim yang terbagi dua ini, menyisir kawasan yang berbeda yakni, wilayah Pasar Kota Jambi, Pasar Handil, Mall Jamtos, Pasar TAC, Pasar Keluarga, Pasar Angso Duo, Ramayana, Mall WTC, dan Tropi Pasar. Setidaknya total ada 7 ASN yang terjaring razia petugas.

Di Pasar Handil, dua ASN kedapatan tengah berbelanja ayam. Padahal seharusnya, ASN tersebut berada di kantor untuk menjalankan tugasnya. Keduanya tersebut diketahui bekerja di Dinas Dispora Kota Jambi, dan pegawai di salah satu Sekolah Dasar Kota Jambi.

Sementara di Pasar Keluarga, petugas sempat cekcok mulut dengan ASN yang kedapatan mangkir jam kerja. Di mana, ASN yang terjaring razia tersebut merupakan guru di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Jambi.

Ia pun awalnya enggan untuk memberikan identitasnya kepada petugas. “Kalau dak ibu ikut kami ke kantor bae lah. Ibu bae dak koperatif sama kami, dak mau kasih identitas,” sebut seorang petugas.

Sementara satu orang ASN yang diketahui bekerja di Dishub Kota Jambi pun kedapatan tengah asik berbelanja di blok sayuran Pasar Angso Duo Modern. Ia pun tak bisa mengelak, ketika petugas mencegatnya saat baru keluar dari blok sayuran tersebut.

“Ibu kenapa kok berbelanja di jam ngantor. Mohon tunjukkan identitasnya bu,” tanya petugas. Sementara ASN tersebut hanya tampak malu-malu ketika ditanyai petugas.

Selain itu, tiga orang ASN yang dua di antaranya bekerja di Kecamatan Jambi Timur dan seorang guru TK juga kedapatan tengah membolos jam kerja. Mereka kedapatan berkeliaran di kawasan Pasar Malioboro. Sementara untuk di mall-mall petugas tak menemukan satu pun ASN yang berkeliaran.

Kasat Pol-PP Kota Jambi, Yan Ismar mengaku sengaja melakukan razia kedisplinan ini untuk melakukan penertiban disiplin terhadap ASN lingkungan Pemkot Jambi khususnya. Sasarannya pun yakni tenpat perbelanjaan baik Pasar Tradisional maupun mall-mall yang ada di Kota Jambi.

“Memang ada kita temui 7 ASN tadi berkeliaran di jam kerja. 2 di antaranya ASN Pemrpov Jambi. Nantinya setelah kita data, akan kita serahkan ke OPD masing-masing,” sebut Yan Ismar.

Sementara untuk sanksi yang diberikan kepada ASN, tidak ada. Melainkan identitas seperti KTP maupun id card kantor ditahan sementara oleh petugas, dan menunggu yang bersangkutan mengambil dan memberikan data kepada petugas.

“Untuk sanksinya kita serahkan ke OPD masing-masing, itulah berdasarkan laporan yang kita sampaikan. Kegiatan ini tentu akan berkelanjutan,” tutup Yan Ismar.

(zen)