Kebahagiaan, Alam dan Umur Panjang

Pixabay

VANCOUVER – Ada alasan kuat mengapa hidup bahagia itu dapat memperpanjang usia seseorang, dan mencegah mereka tutup usia lebih awal.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan peneliti, dari University of British Columbia, di Vancouver, Kanada, 

Menurut hasil temuan studi itu, mereka yang beraktifitas di luar ruangan, cenderung memiliki kadar kebahagiaan lebih baik dari mereka yang tidak gemar melakukannya. 

Disebutkan bahwa mereka yang  berolahraga, atau sekedar menikmati pemandangan alam, dapat menurunkan tensi darah yang juga berarti, menurunkan juga risiko mereka terkena penyakit jantung.

“Semua studi saya memfokuskan pada kebahagiaan, emosional, mental dan kesejahteraan sosial,’ kata Holli-Anne Passmore seperti dikutip Express.

“(Dari situ) saya menemukan bahwa meski mereka yang tidak menghabiskan waktu di luar ruangan, namun menikmati alam dalam rutinitas keseharian, dapat memicu perasaan bahagia (dalam diri mereka),” sambungnya. 

Kadar bahagia ini, lanjut dia lagi, akan terus meningkat bersamaan dengan  konektifitas seseorang terhadap hidup itu sendiri.

Studi ini sendiri melibatkan hampir 400 partisipan dan 2.500 foto pemandangan alam. Dari studi itu, disimpulkan bahwa mereka yang menikmati pemandangan alam dari sekedar melihat foto, tanpa harus keluar ruangan, juga dapat merasakan manfaat yang sama, seperti yang ditawaerkan dari aktifitas di luar ruangan.(ruf/fin)