Soal Cadar dan Cingkrang, Jokowi: Itu Kebebasan Pribadi Setiap Orang

Beranda Nasional Soal Cadar dan Cingkrang, Jokowi: Itu Kebebasan Pribadi Setiap Orang

JAKARTA- Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait polemik pemakaian cadar dan celana cingkrang. Presiden dua periode ini mengatakan, penggunaan cadar maupun celana cingkrang adalah kebebasan induvidu setiap orang.

“Cara berpakaian itu sebenaranya pilihan pribadi-pribadi, pilihan personal, atau kebebasan pribadi setiap orang,” ujar Jokowi kepada wartawan di Itana Negara Jakarta, Jumat (1/11).

Meski demikian, Jokowi mengatakan, jika ada aturan di sebuan institusi, maka harus dipatuhi. “Tetapi di sebuah intitusi kalau memang ada ketentuan cara berpakaian, ya tentu saja harus dipathui,” ujar Jokowi.

Polemik tentang cadar dan celana cingkrang, berawal dari pernyataan menteri Agama Fachrul Razi. Fachrul mengatakan akan mengkaji penggunaan cadar dan celana cingkrang di instansi pemerintah. Dia mengatakan, penggunaan cadar bukan menjadi tolak ukur tingkat ketakwaan seseorang.

Namun saat ditemui usai memberikan Khotbah Jumat di Masjid Istqlal pada Jumat kemarin, Fachrul membantah akan membuat larangan becadar dan celana cingkrang. “ngga pernah ada laranganga,” kata Menag kepada wartawan. “Saya cuma bilang itu bukan ukuran ketakwaan,” sambung Menag. (dal/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru