Gempa Guncang Filipina, Dua Orang Tewas

Ilustrasi Gempa, Foto: pixabay

MAGSAYSAY – Gempa berkekuatan 6,6 melanda kawasan Filipina selatan, Selasa (29/10). Setidaknya dua orang dilaporkan akibat tertimpa reruntuhan dan puluhan lainnya luka-luka.

Gempa ini menjadi yang kedua terjadi di wilayah Filipina selatan dalam sebulan terakhir, dengan gempa pertama menewaskan hingga lima orang.

Dilansir AFP, Selasa (29/10), Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebut, gempa kali ini termasuk gempa dangkal, yang diikuti sejumlah gempa susulan dengan kekuatan hingga 5,8.

Guncangan gempa kali ini dirasakan hingga sekitar satu menit di beberapa wilayah, merusak gedung-gedung bertingkat.

Seorang bocah remaja dilaporkan tewas, setelah tertimpa tembok yang runtuh saat hendak menyelamatkan diri keluar dari sekolahnya di Magsaysay, provinsi Davao.

Sejumlah siswa lainnya dapat keluar dengan selamat meski beberapa mengalami luka akibat berdesak-desakan dan terinjak saat menyelamatkan diri.

Sementara korban tewas kedua dilaporkan di kota Koronadal, dengan seorang pria berusia 66 tahun tertimpa tembok yang runtuh.

Sedikitnya 50 orang terluka akibat reruntuhan gedung, termasuk tujuh siswa dan guru yang terluka ketika menyelamatkan diri dari gedung sekolah yang runtuh.

“Bangunan tidak hanya bergerak, tapi sampai bergoyang,” kata Gadi Sorilla, dokter di rumah sakit di Tulunan, sekitar 25 kilometer dari pusat gempa.

Wali Kota Tulunan, Reuel Limbungan mengatakan, gedung balai kota setempat juga mengalami kerusakan parah, sementara pihak berwenang menerima banyak laporan korban cedera.

Tim penyelamat telah mulai disebar untuk menilai tingkat kerusakan di wilayah itu, di mana layanan listrik dan telepon terputus akibat gempa.

(der/afp/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here