5 Jenis Makanan ini Bantu Sembuhkan Luka dengan Cepat

pixabay

JAKARTA – Ada banyak cara agar luka sembuh dengan cepat. Selain dengan bantuan obat, ada pula cara lain yang lebih alami yang juga tak kalah efektif, yaitu dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu.

Luka terjadinya robekan pada permukaan kulit atau jaringan di bawahnya yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Di antaranya akibat terjatuh, teriris, tergores, dan digigit binatang.

Empat fase penyembuhan luka

Saat terjadi luka, tubuh mengalami empat fase penyembuhan, yaitu hemostasis, inflamasi, proliferasi, dan remodeling.

Pada fase hemostasis, pembuluh darah di sekitar luka akan menyempit untuk mengurangi perdarahan. Sementara itu, keping darah (trombosit) berdatangan dan menumpuk untuk menambal jaringan yang luka.

Selanjutnya, sel darah putih (leukosit) akan hadir untuk membersihkan daerah luka dari kotoran dan kuman yang mencoba masuk dari luar melalui luka. Inilah yang terjadi pada fase inflamasi (peradangan).

Setelah itu, pada fase proliferasi, terjadi pembentukan jaringan kolagen dan pembuluh darah baru.

Pada akhirnya, pematangan jaringan yang baru terbentuk tadi terjadi pada fase remodeling.

Cara alami menyembuhkan luka dengan cepat

Ingin proses penyembuhan luka lebih cepat? Salah satu cara alaminya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Zat yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka antara lain protein, vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, seng, dan gutamine.

Penasaran makanan apa saja yang baik untuk penyembuhan luka? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Daging dan telur

Kolagen sebagai zat yang paling vital dalam penyembuhan luka termasuk dalam jenis protein. Oleh karena itu, konsumsi daging dan telur sangat penting, karena mengandung tinggi protein yang bermanfaat untuk pembentukan dan memperbaiki luka.

Selain protein, daging dan telur juga mengandung zat besi, seng, dan glutamin yang juga berperan untuk menghentikan luka dan pembentukan jaringan-jaringan baru. Daging yang baik untuk dikonsumsi termasuk daging merah, ayam, dan ikan. Selain itu, susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt juga disarankan sebagai sumber protein.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, termasuk gandum, juga mengandung protein nabati. Selain itu, bahan makanan nabati ini juga sumber vitamin E dan glutamin yang baik. Keduanya berperan sebagai antioksidan yang melindungi jaringan yang luka dan membantu penyembuhannya.

3. Jeruk

Vitamin C sangat terkenal terkandung dalam jeruk. Selain jeruk, kentang, stroberi, dan tomat juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini membantu pembentukan kolagen, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga sebagai antioksidan.

4. Wortel

Beta karoten yang terkandung dalam wortel dan sayuran lainnya yang berwarna cerah, merupakan jenis dari vitamin A yang penting dalam pembentukan jaringan baru saat luka. Selain wortel, Anda bisa juga konsumsi brokoli, bayam, atau paprika sebagai variasi.

5. Kerang atau tiram

Kerang atau tiram mengandung tinggi seng. Zat ini membantu pembentukan dan pematangan kolagen. Menurut penelitian, kekurangan seng dapat memperlambat proses penyembuhan dan kekuatan jaringan baru yang kurang kuat.

Perlu juga diketahu bahwa ada beberapa faktor yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

Salah satunya kondisi kesehatan tertentu seperti infeksi pada luka, penyakit diabetes, penyumbatan pembuluh darah, dan usia tua. Paling amannya, konsultasikan dengan dokter tentang cara penyembuhan luka paling efektif.

Itu adalah beberapa cara alami untuk membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Namun begitu, Anda tidak bisa sepenuhnya mengandalkan makanan saja.

Dalam beberapa kasus, terutama luka yang cukup lebar dan dalam, Anda tetap perlu mendapatkan perawatan luka dari luar. Jangan ragu untuk meminta bantuan dokter saat luka tidak bisa ditangani sendiri di rumah.

(HNS/RN/klikdokter)