Putung Rokok Dibuang Sembarangan, Hutan Pinus Terbakar

BANTARKAWUNG – Kawasan hutan pinus milik Perhutani yang berada di Petak 61 L, RPH Tambakserang BKPH Bantarkawung KPH Pekalongan barat, Gunung Payung Desa karangpari dan Desa Waru Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes terbakar pada Minggu (20/10) siang sekitar pukul 12.30 WIB. Dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang dibuang secara sembarangan.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan kejadian bermula saat sejumlah warga tengah beraktivitas. Tiba-tiba mereka melihat adanya adanya kobaran api di lokasi itu.

Melihat kondisi itu, warga Karangpari dan Waru sekitar hutan, LMDH bersama dengan pihak perhutani dan masyarakat langsung menuju ke sumber api. Mereka berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Selain itu, agar api tak membesar, mereka juga membuat skat pembatas. Beruntung api berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian setelah membakar sekitar 5,5 hektar lahan dan menghanguskan pohon bambu serta pinus.

“Ada kobaran api kemudian kita bersama-sama langsung menuju lokasi kejadian untuk memadamkannya,”kata Bambang salah satu warga sekitar.

(muj)