Kaitan antara Bersepeda dan Gangguan Ereksi

Pixabay

JAKARTA – Bersepeda secara rutin memang diakui baik untuk kesehatan. Membakar kalori dan menguatkan jantung, adalah salah satu manfaat bersepeda. 

Namun tahukah Anda, meski baik untuk kesehatan, namun ketika dilakukan secara berlebihan, kebiasaan yang satu ini ternyata justru berbahaya untuk kaum pria. 

Berbahaya yang dimaksud adalah ketidakmampuan pria untuk mendapatkan ereksi yang sempurna, atau bahkan tidak sama sekali. 

Ya, bersepeda secara berlebihan, menurut pakar, dapat menyebabkan kerusakan pada saraf pudenal, kumpulan saraf terbesar dari saraf panggul. Saraf ini sendiri terletak di sekitar anus, dan bagian bawah kemaluan pria. 

Meski terbilang langka, kondisi ini diklaim dapat menyebabkan rasa sakit luar biasa, bahkan hingga  mati rasa, dan gangguan ereksi yang dimaksud. 

“Tekanan jok sepeda yang terus-menerus dapat menyebabkan kompresi dan bahkan kerusakan saraf” kata Azad John-Salimi M.D., seperti dikutip dari MensHealth.com.

Dan meski terbukti pada pengendara sepeda hardcore, namun kondisi ini, menurut pakar lain, tidaklah relevan dengan kondisi di atas. 

Seksolog Paul Nelson mengatakan, kerusakan saraf akibat bersepeda itu dipicu oleh terjadinya tumpuan bobot tubuh, pada permukaan yang kecil. Sementara pada motor atau sadel kuda, hal yang ditakutkan di atas tidaklah relevan.(ruf/fin)