Bawang Merah dan Khasiatnya Perangi Kanker

Pixabay

JAKARTA – Bawang putih, bawang merah dan bawang bombai adalah tiga jenis bawang yang paling populer penggunannya di tengah masyrakat dunia. 

Namun tahukah Anda, tidak semua bawang menawarkan khasiat kesehatan yang sama, meski setiap jenisnya punya manfaatnya tersendiri. 

Dan jika bicara manfaatnya dalam memerangi sel kanker, maka bawang merah adalah jenis bawang yang diklaim punya khasiat untuk itu. 

Seperti dirilis ilmuwan pada Food Research International, berkat kadar antioksidan bernama quercetin dan anthocyanin yang dikandungnya dalam jumlah tinggi, alasan yang membedakan bawang merah dari jenis bawang lain.  

Kendati demikian, tidak semua bawang merah menawarkan manfaat yang sama. Menurut penulis studi Suresh Neethirajan, PhD, ada ciri khusus yang ditunjukan bawang merah dengan kandungan quercetin dan anthocyanin yang tinggi. 

“Karena anthocyanin adalah zat yang bertanggungjawab atas warna pada buah dan sayuran, maka sangat masuk akal jika bawang merah dengan warna yang lebih gelap, punya khasiat yang lebih ampuh dalam memerangi kanker,” ungkap Dr. Neethirajan, Women’s Health Mag mengutip.(ruf/fin)