Angin Kencang Terjang 6 Desa, 680 Bangunan Rusak Ringan Hingga Parah

BUMIJAWA – Angin kencang yang melanda pada Minggu (20/10) malam lalu ternyata memporak-porandakan ratusan bangunan di 6 Desa di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Selain ratusan rumah, sejumlah sekolah dan tempat ibadah juga mengalami kerusakan ringan hingga parah.

Data yang dimiliki PMI Kabupaten Tegal menyebutkan angin kencang menerjang wilayah Desa Batumirah, Sigedong, Guci, Bumijawa, Begawat dan Dukuh Benda. Setidaknya ada 680 bangunan yang mengalami kerusakan akibat peristiwa itu.

Bangunan yang rusak terdiri dari 380 rumah rusak ringan, 253 sedang dan 32 parah. Kemudian 2 sekolah rusak sedang dan 1 rusak ringan. Sedangkan tempat ibadah yang rusak yakni musala 11 dan 1 Masjid.

“Hasil assessment kita tercatat ada sekitar 680 bangunan yang mengalami kerusakan. Terdiri dari rumah, sekolah dan tempat ibadah,”kata Abdul Kholik relawan PMI Kabupaten Tegal.

Selain merusak bangunan, terjangan angin kencang juga mengakibatkan 4 warga mengalami luka-luka. Wilayah yang paling parah dilanda angin kencang itu terjadi di Desa Sigedong.

Di sana, 330 rumah rusak ringan, rusak sedang 245 dan berat 25. Selain itu ada 2 sekolah dan 11 tempat ibadah yang mengalami kerusakan.

(muj)