Salah Mengolah 4 Jenis Makanan Ini Bisa Berbuntut Masalah

0
Pixabay

JAKARTA  Kita tahu ada beberapa jenis makanan yang bisa disantap dalam keadaan mentah, meski bukan tanpa risiko. 

Ada juga beberapa jenis makanan, yang jika salah dalam pengolahannya dapat berbuntut masalah kesehatan. 

Tidak ingin ini terjadi pada Anda, berikut yang perlu Anda ketahuii tentang beberapa di antaranya, seperti dilansir Daily Meal:

Kacang merah

Sebelum mengkonsumsi kacang merah, FDA menyarankan untuk merebusnya selama 30 menit untuk memastikan protein phytohemagglutinin hancur dalam proses tersebut. Ketika di makan dalam keadaan mentah, katakan empat hingga lima buah, dapat menyebabkan diare, muntah-muntah dan gangguan penceranaan lainnya.

Singkong

Singkong sangat nikmat untuk disantap, mau itu dalam bentuk keripik, tape, getuk dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda, ketika dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka kandungan cyanogenic glucosides dan dapat memicu produksi asam sianida.

Ayam

Ayam adalah sumber makanan paling populer di dunia. Mau digoreng, dipanggang di buat sup, ayam menawarkan cita rasanya tersendiri. Namun tahukah Anda, ketika tidak dimasak hingga temperatur 75 derajat Celsius, maka bakteri salmonela yang terdapat di dalamnya, dapat memicu diare akut, dan berbahaya untuk anak-anak juga ibu hamil. 

Ikan fugu

Ikan yang populer di restoran sushi ini sangat mematikan jika salah disajikan. Mengandung tetrodotoxin, ikan fugu setidaknya telah merenggut 23 nyawa dalam kurun tahun 2000 hingga 2009. Hanya chef handal yang diizinkan untuk menyajikan hidangan berbasis ikan ikan ini.

(ruf/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here