Ajarkan Wawasan Kebangsaan

RETEH – Prajurit TNI yang tergabung dalam TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke 106 Kodim 0314/Inhil mengajarkan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi di SMP Satu Atap di Desa Seberang Sanglar, Kecamatan Reteh, Kamis (17/10/2019).

Komandan Kodim (Dandim) 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faisal melalui Danramil 07/Reteh, Kapten Arm Syahrul Effendi Pohan mengatakan pelajaran tetang wawasan kebangsaan merupakan bagian dari program TMMD ke-106 di bidang non-fisik kepada anak-anak usia sekolah di Desa Sanglar dan Desa Seberang Sanglar yang merupakan desa sasaran.

“Kami menugaskan Babinsa di wilayah ini untuk mengajar anak-anak tentang nasionalisme agar mereka memiliki pengetahuan kebangsaan,” ujarnya.

Tidak hanya sekedar mendikte dan menulis dipapan, sesekali ia mengajak murid-murid SMP Satu Atap itu menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, salah satunya lagu Garuda Pancasila yang saat ini sudah jarang di nyanyikan murid-murid sekolah dasar.

Menurut dia, lagu-lagu kebangsaan sejak dini sudah harus mulai ditanamkan kepada siswa baik masih duduk dibangku taman kanak-kanak hingga jenjang pendidikan atas, guna membakar semangat idealis mereka terhadap negara.

“TMMD merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mendidik anak-anak usia sekolah agar kelak mereka tumbuh dewasa paham tentang bangsanya sensiri, ” kata dia menambahkan.

Dia mengemukakan, sejak masuknya program bhakti TNI di desa sasaran yakni Desa Sanglar dan Seberang Sanglar warga setempat sangat terbuka bahkan ikut bergotong royong membangun desa mereka.

Program kemanunggalan yang diusung Kodim 0314/Inhil ini pada pekerjaan fisik diarahkan pada peningkatan infrastruktur jalan, pembangunan Jembatan beton.

“Kita tidak ingin anak-anak usia sekolah di desa tidak mengenyam pendidikan, mereka adalah aset bangsa yang harus didorong agar kelak menjadi orang yang berguna, ” harapnya. (*)