Welcome Back Sandiaga

JAKARTA – Mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno akan kembali ke Partai Gerindra. Dia mengumumkan comeback-nya ke dunia politik melalui video yang diunggah di media sosial Instagram. Sebelumnya, Sandi sempat melepas jabatan sebagai kader Partai Gerindra saat mengikuti kontestasi Pilpres 2019 berpasangan dengan Prabowo Subianto.

“Saya kembali,” tulis Sandiaga dalam judul unggahan video di akun Instagram miliknya @sandiuno, Selasa (15/10). Dalam video berdurasi 28 detik itu nampak sosok Sandiaga tengah berjalan mengenakan batik lengan pendek berwarna biru bermotif mega mendung. Terdengar pula iringan latar musik ala superhero Superman.

Dia melangkah mendekati kamera. Sejurus kemudian, dia membuka satu per satu kancing kemeja batiknya. Di balik kemeja batik tersebut, Sandi mengenakan kaos hitam bertuliskan Gerindra.

Saat masih berada di Gerindra, Sandi menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina. Rencananya, hari ini Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto akan mengumumkan kembalinya Sandiaga secara resmi dalam Rapat Pimpinan Nasional Gerindra di kediaman Prabowo Subianto, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. “Besok (hari ini, Red), kami akan menerima kembali Sandiaga Uno sebagai kader Gerindra. Kami akan berikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung kembali kepada Pak Sandi,” ujar Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (15/10).

Muzani mengaku sudah melihat video yang diunggah Sandiaga dalam akun Instagram @sandiuno, yang memperlihatkan Sandiaga mengenakan kaos bertuliskan Gerindra dengan caption Saya Kembali. Muzani meyakini kembalinya Sandiaga ke dalam Partai Gerindra karena sudah merasa cocok dengan partai yang dipimpin Prabowo. Menurut Muzani kembalinya Sandiaga tanpa tekanan apapun.

Dalam Rapat Pimpinan Nasional itu, Prabowo akan menyampaikan pandangan politik dan menyerap aspirasi para kader dari seluruh Indonesia. Menurut Muzani, rapimnas adalah forum tertinggi dan terhormat setelah kongres partai. “Dalam rapat tersebut, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto diberi mandat untuk mengambil semua keputusan politik yang dianggap penting,” jelasnya.

Sementara itu, Wasekjen PAN Saleh Daulay tidak mempermasalahkan kembalinya Sandiaga ke Gerindra. Menurutnya, itu adalah hak pribadi Sandi. PAN mengaku sebelumnya Sandi memang sempat diisukan hendak bergabung ke partainya. Namun, faktanya mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memilih kembali ke Gerindra. PAN, lanjutnya, mendukung langkah politik Sandi. “Kalau sekarang mau masuk lagi, tidak ada yang bisa melarang. Itu hak pribadi Pak Sandi. Kami mendukung,” kata Saleh.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. PKS mensupport keputusan Sandi kembali bergabung sebagai kader Gerindra. Dia mendoakan agar Sandiaga sukses dalam karir politiknya. “Kita doakan saja semoga Pak bang Sandi selalu sukses. Soal beliau mau kembali ke Gerindra, itu adalah hak yang bersangkuta,” ujar Mardani. Dia menegaskan PKS akan terus menjalin persahabatan dengan Sandiaga dan Gerindra. Bahkan, Mardani berharap Gerindra tetap menjadi oposisi pemerintah.

(rh/fin)