Siapa Developer Call of Duty Mobile? Ini Jawabnya

JAKARTA – Sudah lebih dari dua pekan semenjak dirilis di tanah air, namun sebagian gamer mobile sepertinya masih bingung tentang siapa sebenarnya developer dari Call of Duty Mobile (CODM).

Untuk sekedar menjernihkan masalah, game yang mencatatkan angka pengunduhan paling fantastis dalam sejarah mobile gaming itu (mampu melewati angka 100 juta download hanya dalam sepekan setelah perilisan) itu, bukanlah hasil karya Activision ataupun Garena, sebagaimana dikira banyak pihak. 

Sebagaimana tertera dalam laman Wikipedia, game free to play tersebut, sebenarnya adalah buah karya TiMi Studios, yang dipercayakan untuk mengembangkan game mobile dari salah satu franchise game FPS paling kenamaan dunia.

TiMi Studios sendiri adalah anak perusahaan dari Tencent, yang bermarkas di kota Shenzhen, China, sebuah pengembang game yang didirikan pada tahun 2008, dengan nama awal Jade Studio. 

Selain game mobile, TiMi Studios juga menggarap game untuk platform lain, seperti game PC juga konsol, dalam hal ini Nintendo Switch. 

Perusahaan yang mengganti namanya dari Jade Studio menjadi TiMi Studios pada 2014 itu, kini disibukan dengan pengembangan game yang melibatkan The Pokemon Company.(ruf/fin)