Rahasia Panjang Umur Menurut Studi Inggris

Pixabay

FIN.CO.ID – Setiap orang pastinya ingin hidup lebih lama dan merasakan nikmatnya dunia. Namun terkadang pencarian akan rahasia panjang umur, ternyata terletak pada manusianya sendiri. 

Menurut studi yang dilakukan para peneliti dari University of Edinburgh, di Inggris, disebutkan bahwa panjangnya usia seseorang, ada kaitannya dengan pola hidup yang mereka jalankan. 

“(Dalam studi kami) ditemukan bahwa umumnya merokok satu bungkus (rokok) per harinya dapat mengurangi umur seseorang hingga 7 tahun,” kata Dr. Peter Joshi yang merilis temuannya pada jurnal Nature Communications.

“Sementara menurunkan satu kilogram bobot tubuh, (ternyata) dapat memperpanjang usia  Anda hingga dua bulan lamanya,” sambungnya.

Temuan ini sendiri melibatkan hasil studi informasi genetik, atas lebih dari 600 ribu orang, dari anak hingga orang mereka. 

Dari situ, ditemukan pula bahwa, dengan berhenti  merokok dapat memperpajang usia eks perokok, seperti halnya mereka yang tidak pernah merokok sama sekali.

Dan yang menariknya lagi, dari sekian banyak kategori yang dipelajari, ditemukan bahwa, mereka yang gemar menimba ilmu sepanjang umurnya, dan memiliki pemikiran yang terbuka, adalah mereka yang memiliki usia terpanjang.(ruf/fin)