Swedia vs Spanyol: Kepa Terpaksa Menepi

STOCKHOLM – Bulan lalu, Entrenador Spanyol, Roberto Moreno memuji skill Kepa Arrizabalaga dalam duel kontra Rumania. Aksi penyelamatan kiper Chelsea membuat Spanyol menang tipis 2-1. Moreno menyebut Kepa sebagai sosok kiper masa depan La Furia Roja.

Namun dalam laga versus Norwegia, sanjungan itu berubah 180 derajat. Kepa disebut sebagai biang tertundanya Pesta Spanyol meraih satu slot di Final Euro 2020.

Norwegia mendapat hadiah penalti setelah kiper termahal di dunia itu melakukan blunder.Niatnya meninju bola, Kepa malah melanggar pemain Swedia Omar Elabdellaoui di dalam kotak terlarang Spanyol.

Alhasil, penalti berhasil dikonversi Joshua King menjadi gol. Spanyol ditahan imbang 1-1 oleh Norwegia di menit 93.

Kekesalan Moreno langsung ditumpahkannya di dalam kamar ganti. Secara eksplisit, ia menyalahkan blunder itu menjadi penyebab kesalahan tim.

“Di menit ke-93, kami merasa gugup, tapi hal itu benar-benar tidak bisa saya terima. Namun, itu adalah bagian dari sepak bola,”jelas Moreno seperti yang dikutip Marca.

Kesalahan di menit terakhir tak bisa ditolerir La Roja saar bertandang ke Stadion Friends Arena, Markas Swedia, dini hari nanti. (Live Mola TV 2, Pukul 01.45 WIB).

Roberto Moreno akan mencoba kembali ke jalur kemenangan saat menghadapi Swedia. Cukup satu poin saja akan membawa Spanyol lolos ke putaran final Euro 2020.

Bicara peluang, La Roja lebih diunggulkan meski berstatus sebagai tim tamu. Juni lalu, Sergio Ramos menang telak 3-0 atas Swedia di pertemuan pertana Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F di Stadion Santiago Bernabeu.

Dua dari tiga gol kemenangan tersebut diraih lewat titik penalti. Masing-masing dicetak Sergio Ramos pada menit ke-64 dan Alvaro Morata pada menit ke-85.

“Imbang melawan Norwegia, bukanlah hasil yang kami inginkan,” kata Moreno kepada Marca. “Kehilangan dua poin di akhir laga tentu membuat kami geram, tapi Kami hanya perlu bermain imbang lawan Swedia untuk lolos,” tambahnya.

Dalam laga nanti, Moreno mulai memainkan pemain lama seperti Inigo Martinez, Raul Albiol, Juan Bernat, Santi Cazorla dan Luis Alberto.

Sementara nama pemain panggilan baru hilang dari daftar pemain, seperti Mario Hermoso, Suso, Paco Alcacer, Dani Parejo, Unai Nunez, Jose Gaya dan Jordi Alba.

Dilansir dari Sport, Moreno berencana kembali memainkan bek Barcelona Sergio Busquets sebagai starter di Swedia.

Busquets akan disandingkan bersama Sergio Ramos dan bek veteran berusia 34 tahun Raul Albiol. Performa buruk Kepa Arrizabalaga membuatnya diminta menepi, posisinya di bawah mistar gawang digantikan kiper Manchester United David de Gea.

(fin/tgr)