Timnas U-23: Bukan Sekadar Uji Coba Biasa

Indra Sjafri

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri telah memilih 26 pemainnya mengikuti turnamen CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019 di China yang dimulai hari ini hingga Selasa (9-15/10) mendatang.

Mereka yang ikut merupakan hasil seleksi dari 30 nama peserta pemusatan latihan nasional (pelatnas) sejak Selasa (1/10) lalu. Dengan kata lain, ada empat nama yang terpaksa dicoret oleh Indra Sjafri. Keempat pemain itu adalah, Muhammad Rifad Marasabessy, Septian Satria Bagaskara, Todd Rivaldo Alberth Ferre, dan Osvaldo Haay.

Pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Sumatera Barat, 56 tahun silam itu berharap, anak asuh bisa belajar banyak dalam kejuaraan inisiatif PSSI-Cina tersebut.

“Anak-anak harus serius menghadapi turnamen ini. Meski uji coba, namun lawan-lawan yang kita hadapi memiliki jam terbang lebih banyak dari kita. Semoga Indonesia bisa berbicara banyak di ajang tersebut,” ungkap pelatih berkumis tebal itu, Selasa (8/10) kemarin.

Berlaga di Stadion Wuhan Sport Centre, Wuhan, garuda muda akan berhadapan dengan tim tuan rumah, Yordania dan Arab Saudi.

Indra Sjafri mengaku, telah membekali anak asuhnya gaya bertahan dan menyerang dalam pelatnas kemarin. “Selama pemusatan latihan, Kami tidak memperbaiki kondisi fisik mereka. Karena saya menilai kebugaran mereka sudah terjaga di klub saat mereka melakukan kompetisi Liga 1. Individual taktikal juga tak diberikan,” jelas Indra Sjafri.

“Taktik menyerang dan bertahan memang menjadi menu latihan wajib kami, untuk menghadapi turnamen di China tersebut,” sambungnya.

Turnamen itu sendiri sengaja diikuti oleh Skuat Garuda guna mematangkan periapan mejelang SEA Games 2019 Filipina, November mendatang. Nantinya, menurut Indra, kejuaraan itu menjadi ajang untuk dirinya mencari kompossi terbaik dari anak asuhnya.

“Pada turnamen itu, kita mau cari komposisi terbaik untuk dibawa ke SEA Games. Dari pemain terbaik di turnamen ini akan kita gunakan karena ada pemain yang minim laga internasional, mungkin bagus di liga tapi belum terlihat jadi kita gunakan itu,” jelas Indra Sjafri.

“Jarak pertandingan di Cina memang padat, tapi tak masalah karena pemain sudah terbiasa. Apalagi di SEA Games lebih padat. Saya selalu bicara sama pemain jangan sampai masalah yang mengatur kita, tapi kita yang mengatur masalah,” tutupnya.

Untuk diketahui, pada ajang ini Indonesia bakal berhadapan dengan tiga tim dari negara-negara kuat di Asia. Perdana, Indonesia bakal menghadapi tuan rumah, China (11 Oktober 2019), lalu berikutnya menghadapi Yordania (13 Oktober 2019) san terakhir melawan Arab Saudi (15 Oktober 2019).

(gie/fin/tgr)