Berat Badan Merosot Gegara Diabetes, Ini Penjelasannya

Pixabay

JAKARTA – Penurunan berat badan harusnya menjadi kabar yang menyenangkan, bagi mereka yang berjuang dengan bobot tubuh berlebih. 

Namun apa yang terjadi ketika berat badan Anda terus menyusut tanpa sebab yang jelas? Dalam kasus seperti ini, diabetes terkadang menjadi salah satu penjahatnya. 

Menurut duani mesi, kondisi yang juga dikenal dengan  nama penyakit gula ini, adalah gangguan metabolik yang menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah penderitanya. 

Hal ini, bisa disebabkan oleh dua hal, yakni ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin, dan yang kedua, adalah ketidakmampuan tubuh dalam merespon insulin yang diproduksi.

Kaitannya dengan penurunan berat badan adalah, terlalu banyaknya air yang keluar baik dalam bentuk air kencing, atau ketidakmampuan tubuh untuk menyerap kalori yang terdapat dalam gula darah. 

Belum lagi ketika produksi insulin tidaklah mencukupi. Ketika hal itu terjadi, maka tubuh akan mulai membakar lemak dan otot, untuk dijadikan sumber energi,  dan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. 

Menurut sebuah studi yang dirilis pada Indian Journal of Medical Research, kondisi di atas bisa terjadi pada mereka yang menderita diabetes, tidak peduli itu tipe-1 atau tipe-2. 

Jika kondisi di atas terjadi pada Anda, juga diikuti oleh beberapa kondisi seperti sering buang air kecil, haus dan lapar berlebihan, mudah lelah, juga sensasi seperti ditusuk di area kaki atau tangan,  maka memeriksakan kondisi Anda ke dokter, adalah hal paling bijak yang bisa Anda lakukan.(ruf/fin)