Alokasi DAK Alami Peningkatan

KUALATUNGKAL – Bantuan pemerintah pusat ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) mengalami kenaikan. Kenaikan dana DAK ini akan terjadi di tahun anggaran 2020 mendatang.

Kepastian kenaikan anggaran DAk ini dibenarkan oleh Firdaus selaku Kepala Badan Perencanaaan dan Pembangunan Deerah (Bapedda) Tanjabbar. Ia menyebut jika pada tahun 2019 anggaran DAK hanya berkisar di angka Rp 90 milyar dan pada tahun 2020 mencapai Rp 128,7 milyar rupiah.

“Ajuan kita padahal Rp 1 triliun, tapi ada kenaikan tahun depan,” ujarnya kepada Jambi Independent, Senin (7/10).

Ia menyebut alokasi dana DAK tahun depan tersebut sudah disetujui oleh kementrian keuangan. Selanjutnya akan dibagi dalam beberapa item kegiatan seperti di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan sejumlah kegiatan lainnya.

“Kegiatannya akan kembali ke instansi masing-masing tergantung usulan yang sudah diajukan,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Sekda Tanjab Barat Agus Sanusi, ia menuturkan adanya kenaikan dana DAK ini. Dengan adanya kenaikan dana DAK ini, Kabupaten Tanjab Barat menjadi Kabupaten ketiga terbesar bantuan dana DAK dari pemerintah pusat. “Kita terbesar setelah kota jambi dan kabupaten batanghari,” tandasnya.

(zol/muz)