Granada VS Barcelona: Titik Balik Blaugrana

FIN.CO.ID, GRANADA – Setelah perjalanan melelahkan ke Dortmund, Barcelona kembali menjalana liga domestik. Kali ini, Blaugrana akan menghadapi Granada dalam laga tandang jornada ke 5 La Liga di Estadio Nuevo Los Carmenes, Minggu (22/9) dini hari.

Granada yang baru promosi ke La Liga, tak bisa dianggap sebelah mata. Setelah mengalama dua laga tanpa tiga poin, imbang 4-4 di kandang Villarreal dan kalah 0-1 menjamu Sevilla, anak asuh Diego Martinez langsung melejit lewat dua kemenangan beruntun.

Saat melawan Espanyol (3-0) serta Celta Vigo (2-0) tanpa kebobolan sekalipun. Hasil itu membuat Granada membuntuti Barcelona di posisi ke enam. Total ada sembilan gol yang ditorehkan German Sanchez.

Kendati baru mendapat start mulus, Pelatih Granada Diego Martinez mengakui, timnya dan Blaugrana berada dalam kasta yang berbeda.
“Banyak hal yang membedakan Granada dan Barcelona, ‚Äč‚Äčkami berdua memiliki alam semesta yang sangat berbeda,” Martinez merendah saat diwawancarai oleh Marca.

” Laga ini sangat sulit untuk dimenangkan. Kita harus banyak bekerja, berlari sangat keras, dan memaksakan diri kita secara maksimal, tetapi kita memiliki keyakinan bahwa apa pun bisa terjadi,” ujarnya.

Striker Barcelona Lionel Messi akhirnya naik ke lapangan untuk pertama kalinya dalam Liga Champions bersama Borussia Dortmund. Namun hingga kini kabarnya pun belum jelas apakah dia akan memulai debut pertamanya melawan Martinez.

“Jika Messi ingin beristirahat, maka tidak ada yang berubah untuk kita,” akunya.

“Di lapangan ada nuansa dan situasi yang harus anda tangani. Kita harus menyelesaikan masalah ini secara kolektif,” sambung mantan pelatih Osasuna itu.

Kendati performa seteru lumayan mengagumkan. Barcelona tetap percaya diri mengamankan tiga poin dalam laga Minggu dini hari itu. Pasalnya,Lionel Messisudah fit dan bisa diturunkan sejak menit awal.

Saat melawan Dortmund, Messi masuk menggantikanwonderkidAnsu Fati di menit 59. Sayang, penampilan 31 menit di lapangan belum mampu memberikan aksi terbaiknya.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde bisa saja memainkan Messi dari menit awal. Ini dilakukan supaya Messi dapat segera menemukan kembali sentuhan terbaiknya.
Hingga kini, Barcelona baru meraih dua kemenangan di La Liga musim ini. Terakhir, mereka baru menang 5-2 melawan Real Betis serta Valencia. Tiga poin pun menjadi harga mati.

Bintang Barca lainnya, Luis Suarezmenjadi pemainyang tidak sabar sabar menanti laga melawan Granada. Baginya, duel itu diharapkan bisa jadi turning point bagi Barca usai ditahan imbang Borussia Dortmund.

Secara statistik, Granada merupakan lumbung gol Suarez dalam beberapa musim terakhir. Dilansir dari Sport, Suarez sudah mencetak lima gol pada tiga pertandingan melawan Granada di La Liga. Pertama kali dia menghadapi Granada pada musim 2014/15, dia mencetak gol pada kemenangan 3-1. Ini menjadi penantian panjang Suarez untuk kembali ke lintasan yang sebenarnya.

(fin/tgr)