RI – Hongaria Kerja Sama Sektor Pendidikan

FOTO: FIN Menlu RI Retno Marsudi

FIN.CO.ID, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja ke Budapest, Hongaria guna mendorong peningkatan kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Hongaria.

Dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (18/9), disebutkan bahwa kedua menteri sepakat mendorong ditingkatkannya kerja sama pendidikan dan sosial budaya sebagai sektor prioritas unggulan lainnya.

Kesepakatan itu ditandai, Menlu Retno dan Menlu Szijjrt menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam bidang pendidikan vokasi dan pelatihan.

Implementasi dari MoU ini diharapkan, dapat memberikan kontribusi mendukung implementasi kurikulum SMK di Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta kecerdasan buatan (AI), yang akan berkontribusi pada pembentukan SDM Indonesia yang unggul.

Di bidang pendidikan, Hongaria akan meningkatkan jumlah penerima beasiswa Indonesia dari 50 menjadi 100 pelajar. Tercatat 127 orang mahasiswa Indonesia penerima beasiswa Hongaria di program S2 dan S3 di bidang sains, sosial, ekonomi, dan lainnya.

Indonesia dan Hongaria memiliki hubungan diplomatik sejak 1955 dan memiliki kerja sama menonjol di bidang pengelolaan air, pendidikan dan inbound serta outbound investment.

Kunjungan Menlu Retno ke Hongaria juga untuk mempersiapkan berbagai kegiatan untuk mengisi peringatan 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Hongaria.

(der/fin)