Lemon Cegah Batu Ginjal

Pixabay

FIN.CO.ID, MAKASSAR – Lemon biasanya dijadikan pelengkap rasa pada minuman. Namun, di balik itu, buah asam ini bisa memecah batu ginjal.

Dosen Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar, Ismail S.Farm M.Sc, menuturkan ginjal memiliki peran penting dalam menyaring racun. Batu ginjal akan terjadi jika seseorang lebih banyak mengonsumsi asupan zat padat dibandingkan cairan.

Juga mengonsumsi makanan tinggi purin. Hal ini akan membentuk zat kristal yang disebut batu ginjal. Lemon ketika dikonsumsi maka zat yang ada di dalamnya seperti asam pantotenat yang akan meluruhkan zat kristal tersebut.

Vitamin C lemon juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah dari berbagai penyakit, dan menyembuhkan penyakit seperti demam, menyembuhkan peradangan atau bekas luka di tubuh. Kandungan zat besinya juga baik untuk menyembuhkan anemia.

“Jika ingin kulit halus paling bagus jika diminum karena membentuk sel kulit baru dari dalam,” ungkapnya.

Buah ini juga mengandung potasium yang baik untuk kesehatan tulang dan saraf. Dapat mencegah tekanan darah tinggi, jantung dan strok. Lemon juga bisa menjadi alternatif obat kumur bagi yang merasa selalu mengalami bau mulut karena kandungan antibakterinya.

Bagi yang ingin mencoba bisa membuat lemon hangat. Bisapula menjadi minuman infused water. Untuk kebutuhan konsumsi vitamin C untuk anak-anak, takarannya 40 hingga 45 miligram.

Sementara bagi orang dewasa, 65 hingga 90 miligram. Bagi penderita asam lambung, sebaiknya menghindari konsumsi lemon karena kandungan asamnya dapat menaikkan asam lambung.

Terpisah, Spesialis Gizi Klinik, Rumah Sakit Ibnu Sina, dr Aryanti R Bamahry MKes SpGK mengatakan, buah-buahan yang kaya vitamin C sangat baik untuk imunitas tubuh, sehingga mencegah dari berbagai penyakit.

Beberapa yang juga bisa dikonsumsi yakni biji avokad. Kandungan vitamin C, lemak MUFA, dan yang kaya antioksidan seperti flavonoid, alkaloid dan tannin. Hal itu dapat memperbaiki fungsi ginjal ketika dikonsumsi selama beberapa minggu.

Selain memperbaiki fungsi ginjal, juga fungsi hati, serta menyembuhkan luka. Biji avokad akan menghambat penyakit regeneratif seperti stres oksidatif dan hipertensi yang menjadi penyebab gangguan fungsi ginjal.

(*)