Indonesia U-16 vs Kepualauan Mariana: Garuda Asia Perkasa

FOTO: FAISAL R SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.

FIN.CO.ID, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-16 tampil perkasa di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020. Bagaimana tidak? Skuat Garuda Asia berhasil berpesta gol ke gawang Kepulauan Mariana Utara.

Ya, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (18/9) malam kemarin, tim asuhan Bima Sakti itu berhasil mengalahkan Kepulauan Mariana dengan skor telak 15-1.

Timnas Indonesia U-16 yang unggul secara kualitas atas lawan mendominasi jalannya pertandingan di paruh pertama. Dominasi Timnas Indonesia U-16 nampak secara beruntun mengobrak-abrik pertahanan Kepulauan Mariana, hingga akhirnya mereka unggul 6-1 di paruh pertama tersebut.

Indonesia memulai pesta golnya pada menit ke-9. Dimana, Adalah Marselino Ferdinand yang berdiri bebas dalam kotak penalti memanfaatkan kesalahan pemain Kepulauan Mariana Utara dalam membuang bola untuk mencetak gol pertama di pertandingan itu.

Enam menit berselang, Timnas Indonesia U-16 menggandakan keunggulannya lwat sundulan Aditya Daffa yang memanfaatkan umpan ilang Ruy Arianto.

Semenit kemudian giliran Ahmad Athallah menjaringkan bola. Setelah mengecoh pemain belakang Kepulauan Mariana Utara, pemain nomor punggung 19 itu menendang bola masuk ke gawang. Indonesia unggul 3-0.

Athallah lagi-lagi menjadi momok bagi pertahanan Kepulauan Mariana Utara karena aksinya pada menit 18 berbuah gol keempat untuk Timnas Indonesia U-16.

Di menit ke-25, Athallah mencetak hatrick di pertandingan ini. Gol ketiga Attalah yang menjadi keunggulan 5-0 atas Kepulauan Mariana itu memanfaatkan umpan silang Alexandro Felix Kamuru. Dengan sontekannya, Athallah kembali memaksa kiper Kepulauan Mariana memungut bola di dalam gawangnya.

Indonesia bikin gol lagi pada menit ke-42. Athallah membuat gol keempat. Umpan silang Alex Kamuru salah diantisipasi pemain Kepulauan Mariana Utara. Athallah bisa menguasai bola, lalu mengirim masuk ke gawang dari dalam kotak penalti. Indonesia memimpin 6-0.

Kesucian gawang Timnas Indonesia U-16 ternoda saat Kepulauan Mariana Utara mencetak gol melalui kaki Kohtaro Sangel Goto pada menit 45.

Memanfaatkan sebuah umpan panjang Kohtari bisa melepaskan tendangan terarah dengan memanfaatkan kiper Indonesia, Putra Kacien, yang sudah maju ke depan. Hingga babak pertama selesai, Timnas Indonesia U-16 tetap unggul 6-1 atas Kepulauan Mariana Utara.

Lima menit usai jeda, Indonesia menambah keungulannya menjadi 7-1 lewat Marselino. Dua menit berselang, Marselino dilanggar Kohtaro Sangel Goto di kotak penalti. Pemain asal Persebaya Surabaya itu kemudian menjadi eksekutor dan memperlebar keunggulan Indonesia menjadi 8-1.

Pada menit ke-57, Ruy Haryanto juga mencatatkan namanya di papan skor usai sundulannya berhasil merobek jala gawang Kepulauan Mariana Utara untuk yang kesembilan kalinya.

Tak butuh waktu lama, satu menit berselang Wahyu Pratama yang menambah gol untuk Indonesia menjadi 10-1.

Selanjutnya, Indonesia terus mengobrak abrik pertahanan Kepulauan Mariana Utara. Hasilnya, Timnas Indonesia U-16 berhasil menambah lima gol dan merubah kedudukan menjadi 15-1 hingga laga berakhir.

Lima gol lainnya itu dicetak, Marselino Ferdinan (63′ dan 89′), Ruy Haryanto (72′), Wahyu Pratama, Mikael Alfredo Tata (87′).

Unggul 15-1, timnas Indonesia U-16 masih gencar menekan para pemain Mariana Utara. Berbagai peluang pun tercipta. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga, tak ada gol tambahan.

Bagi timnas Indonesia U-16, ini adalah kemenangan kedua mereka di Grup G kualifikasi Piala FC U-16 2020. Sebelumnya mereka telah berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 4-0. Jelas, dengan hasil ini Indonesia kini mendudukui posisi pertama klasemen Grup G dengan raihan enam poin.

Selain itu, kemenangan telak ini juga sekalius meneruskan raihan positif Timnas Indonesia U-16 dua tahun lalu. Dimana, saat itu timnas U-16 yang masih diarsiteki Fakhri Husaini berhasil pesta gol 18-0 atas Kepulauan Mariana Utara pada Kualifikasi Piala AFC U-16 2018.

Sedangkan, untuk Mariana Utara ini kekalahan ketiga kalinya di babak kualifikasi tersebut. Mereka kini masih menempati dasar klasemen dengan tanpa poin dari tiga kekalahan telak beruntunnya.

Susunan Pemain:

Indonesia U-16: Made Putra Kaicen; Alexandro Felix Kamuru, Marcell Januar, Mikael Tata, Aditya Daffa; Resa Aditya, Diandra Diaz, Marselino Ferdinan; Mochamad Faizal, Ahmad Athallah Araihan, Ruy Arianto

Kepulauan Mariana Utara U-16: Merrick Vicente Toves;Jeremiah Diaz, Daniell Marjaylo, Kohtaro Sangel Goto, Jerick Quimzon; Akira Kadokura, Brian Mallari, Jim Kurt Maniago; xin Wen Jin, Oliver Aqoue Fajardo, Ariel Navarez

(gie/fin/tgr)