Jika Aroma Kencing Anda Tak Sedap

Pixabay

FIN.CO.ID – Tahukah Anda jika air seni atau air kencing, adalah salah satu bentuk dari infromasi yang dikeluarkan tubuh, terkait kondisi kesehatan Anda?

Selain menunjukan warna, air kencing juga dapat dianalisa lewat bau yang dikeluarkannya. Dengan begitu, kita secara independen, dapat sedikit banyaknya mempelajari tentang kesehatan tubuh sendiri. 

Terkait hal ini, berikut beberapa penyakit yang bisa dideteksi lewat aroma air kencing Anda, seperti diambil dari Women’s Health Mag:

Anda dehidrasi

Well, Anda mungkin bisa menyadari kondisi ini jika Anda merasa haus. Namun ketika rasa haus itu tidak dirasakan, ada ciri lain yang ditunjukan tubuh Anda saat dehidrasi terjadi. 

Ketika urine Anda terlihat berwarna gelap diikuti aroma yang tidak biasa, sebenarnya ini adalah cara tubuh memberitahukan Anda bahwa dehidrasi sedang terjadi. Minum banyak air adalah solusi yang terbaik. 

Gangguan saluran kencing

Selain kondisi di atas, infeksi saluran kencing juga menunjukan ciri yang sama, lewat aroma yang disebarkan oleh air kencing. Penyebab kondisi ini adalah bakteri dan biasanya diikuti dengan rasa sakit saat buang air kecil. 

Gejala diabetes

Kondisi yang biasa tidak disadari oleh penderitanya ini, dapat dikenali jika air kencingnya mengeluarkan aroma buah. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan manis, penyebab meningkatnya kadar glukosa dalam darah. 

Kondisi lain

Selain kondisi di atas, gangguan genetika, kehamilan (jika Anda wanita tentunya), konsumsi suplemen atau obat-obatan tertentu, hingga penyakit seksual menular, dapat memicu kondisi yang dimaksud. 

(ruf/fin)