Cover Majalah Tempo Bukan Hina Jokowi, Tapi Hina Pinokio

FIN.CO.ID, JAKARTA– Sejumlah pihak menyayangkan gambar pada cover Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019. Gambar tersebut memuat Presiden Joko Widodo dengan  bayangan hidung panjang. Seperti layaknya Pinokio, tokoh dalam film yang digambarkan suka berbohong.

Banyak yang menilai, gambar cover tersebut sebagai bentuk penghinaan terhadap Presiden Jokowi. Namun hal ini berbeda dengan pendapat Drummer band punk rock Superman Is Dead (SID), Jerinx.

Pria bertato ini justru menyalahkan Tempo karena menghina Pinokio, tokoh dalam film tersebut. Dia bahkan menyarankan agar Jokowi melarang Tempo untuk terbit.

“Pak @jokowi tolong @tempodotco ini segera dilarang. Ini penghinaan terhadap Pinokio. Langsung ganja dengan UU ITE agar mereka bungkam & media lain takut ikutan. Orang baik kok dilawan,” kata Jerinx melalui akun twitter @JRX_SID.

Entah bercanda atau serius, namun cuitan Jerinx itu dikomentari beragam oleh netizen.

Sebelumnya, sekelompok relawan Jokowi yang mengatasnamakan Jokowi Mania (Joman), melaporkan Tempo ke Dewan Pers. Mereka menuntut agar Tempo segera memuat klarifikasi dan meminta maaf.

Redaktur Eksekutif Majalah Tempo, Setri Yasra mengatakan, sampul Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 yang dipermasalahkan itu, bukan menggambarkan Jokowi sebagai pinokio.

“Tempo tidak pernah menghina kepala negara sebagaimana dituduhkan. Tempo tidak menggambarkan Presiden sebagai pinokio. Yang tergambar adalah bayangan pinokio,” kata Setri dalam pesan tertulisnya, Senin, 16 September 2019.

(dal/fin).