Travel Tanggung Biaya Visa

FIN.CO.ID, MAKASSAR – Penambahan biaya visa membuat biaya umrah ikut naik. Namun, tidak semua travel ikut menaikkan biaya paket umrah.

Salah satunya, PT Saudi Patria Wisata. Akan menalangi semua biaya visa sebesar 300 riyal. Keputusan itu dikeluarkan berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-15 di Hotel Claro Makassar, Sabtu, 14 September.

Direktur Utama PT Saudi Patria Wisata, Faisal Ibrahim, mengemukakan, beban visa akan ditanggung travel dengan besaran Rp1,1 juta hingga Rp2 juta. Tahun ini, pihaknya akan memberangkatkan 1.200 jemaah. “Kami siapkan dana tambahan hingga Rp2 miliar untuk pengganti visa,”katanya, Minggu, 15 September.

Menurutnya, penambahan biaya yang tak dibebankan kepada jemaah, merupakan bentuk pelayanan. Khususnya untuk menjaga nama baik perusahaan yang mana tiap tahun jemaahnya meningkat. Misalnya, kata Faisal, dari dua ribu jemaah umrah 2017, naik menjadi tiga ribu jemaah pada 2018.

Tahun ini kata dia, Januari-September sudah mencapai 1.200 jemaah. “Hanya kita tidak target tahun ini.

Biarkan itu mengalir saja dengan tetap menjaga kepercayaan,” katanya.

Meski biaya bertambah, pihaknya tak menurunkan fasilitas kepada jemaah. Misalnya hotel, bahkan yang tadinya dijual bintang tiga, diupgrade menjadi bintang empat.

“Seandainya tidak ada masalah ini, bisa jadi bintang lima. Tapi kita ambil jalan tengah,” katanya.

Panitia Rekernas PT Saudi Patria Wisata ke-15, Rukman Nawawi, menambahkan, sesuai keputusan kesesuaian tarif baru akan dilakukan per Januari 2020. Dia juga menegaskan untuk saat ini harga yang dulunya di jual tetap sama.

Misalnya paket 13 hari menggunakan fasilitas Lion Air dan hotel bintang 3 dan 4 itu hanya 23,5 juta. “Sebenarnya kebijakan ini baik. Hanya saja yang sekarang travel sudah terlanjur menjual,”tambahnya.

(mum/dir)