Ubi Ungu Jaga Sel Saraf Otak

FIN.CO.ID, MAKASSAR – Ubi jalar ungu merupakan salah satu tanaman yang banyak didapati di Indonesia. Manfaatnya ternyata mampu mengendalikan produksi hormon melatonin yang dihasilkan kalenjar pineal di dalam otak.

Melatonin merupakan antioksidan yang menjaga kesehatan sel dan sistem saraf otak, sekaligus memperbaiki jika ada kerusakan. Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dr Alfina Baharuddin MKes melakukan diversifikasi variasi olahan sehat ubi ungu di Desa Tonasa, Kabupaten Takalar.

Cara pembuatannya tak sulit. Bisa diolah menjadi tepung ubi ungu. Mula-mula sortir umbi yaitu bagian yang busuk dan terkena serangan hama. Ubi dicuci, dikupas, diiris tipis atau disawut. Hasilnya dijemur atau dikeringkan menggunakan alat pengering pada suhu 60 derajat celsius hingga kering (kadar air sekitar 7 persen). Kemudian digiling dan dikemas dengan kantong plastik atau disimpan dalam toples yang tertutup rapat.

Untuk menghasilkan tepung ubi jalar ungu yang baik, sawut atau irisan umbi direndam terlebih dahulu didalam larutan Na metabesulfit sebelum dikeringkan. Penyimpanan tepung ubi jalar ungu dapat dilakukan hingga enam bulan. Bisa juga menjadi sebuh keripik ubi ungu.

Pembuatan ini sangat bagus untuk meningkatkan daya guna ubi. Juga daya simpan lebih lama karena kadar air yang rendah. Selain bagus untuk saraf otak, ubi jalar ungu juga memiliki antosianin yang tinggi. Kandungan ini merupakan sumber warna ungu yang berguna bagi tubuh sebagai antikanker dan antihipertensi.

Kandungan serat,vitamin A dan E, karbohidrat kompleks, asam folat, dan rendah kalori ada di dalam ubi ini. Selain itu juga sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung dan strok serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit yang membentuk email dalam pertumbuhan gigi, ungkapnya.

(ind/dni)