Ngantuk, Gejala Kolesterol Tinggi

FIN.CO.ID, MAKASSAR – Pada sebagian orang, kantuk menyerang tak kenal waktu. Rupanya, ini bisa menjadi pertanda kelelahan kronis hingga kolesterol tinggi.

Spesialis Urologi, Rumah Sakit Hermina, Dr dr Azwar Amir SpU menuturkan, kelelahan kronis paling sering terjadi pada pria yang maniak kerja. Misalnya, mereka yang bekerja sampai 12 jam sehari.

Diagnosis ini dilakukan pada pria yang sudah merasakan gejalanya selama enam bulan berturut-turut. Pada kasus lain, pria yang bekerja di gedung tinggi juga akan sering merasa mengantuk, karena asupan oksigen berkurang.

Selalu mengantuk juga menjadi salah satu tanda bagi yang kolesterolnya tinggi. Saat plak kolesterol menyumbat aliran darah, aliran darah menjadi tidak lancar dan membuat rasa kantuk terus menerus.

“Tentu pada orang yang berat badannya berlebihan akan merasakan gejala ini juga. Bagi penderita diabetes juga, aliran darah kental jadi tidak lancar dan akhirnya juga merasakan hal tersebut,” ungkapnya.

Hipotiroid atau kurangnya hormon tiroid juga menyebabkan rasa kantuk, dan jika terus menerus terjadi, maka akan memunculkan berbagai penyakit seperti denyut jantung melambat dan kolesterol yang meningkat.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dr Andi Asrina SKM MKes mengatakan orang-orang yang mengalami stres dan depresi membuat tubuh merasa lelah dan akhirnya selalu mengantuk.

Anemia juga bisa menyebabkan mengantuk, karena kekurangan sel darah merah. Mengonsumsi kopi, alkohol, dan makanan yang tinggi gula juga akan membuat seseorang nantinya merasa selalu mengantuk di siang hari.

Pada beberapa kasus biasanya orang-orang akan merasa tidurnya berkualitas, padahal tanpa disadari mereka selalu terbangun di malam hari. Hal ini bisa disebabkan karena penyakit sleep apnea di mana napas terasa tiba-tiba berhenti saat tertidur karena adanya penyumbatan di saluran pernapasan.

“Karena penyumbatan ini biasanya akan langsung terbangun dan akhirnya pas pagi hari merasa mengantuk terus menerus selama seharian,” ungkapnya.

(*)