Gangguan Mental Akut Pengguna Ponsel Milenial

Pixabay

FIN.CO.ID – Terdengar seperti hal yang konyol, namun kondisi ini benar adanya. Menurut sebuah studi Amerika, ditemukan bahwa 90 persen pengguna ponsel berusia dewasa, kesulitan untuk lepas dari ponsel genggam mereka. 

Menariknya lagi, sepertiga dari 90 persen pemilik ponsel berusia dewasa di Amerika Serikat, menurut studi itu, tidak pernah mematikan ponsel mereka sama sekali. 

Terkait dengan penggunaan internet yang sudah umum di era teknologi ini, penggunaan ponsel, menurut studi yang dilakukan Pew Research Center itu, ada kaitannya dengan beberapa jenis gangguan mental.

Adapun beberapa masalah mental yang dimaksud adalah seperti:

Nomophobia

Ini mungkin banyak terjadi di era milenial ini. Mereka yang takut berada jauh dari ponsel mereka, adalah mereka yang masuk dalam kategori penderita nomophobia.

Low bat anxiety atau perasaan Gelisah ketika ponsel low bat

Menurut survei yang dilakukan perusahaan elektronik LG, 90 persen dari 2000 orang mengalami hal ini. Survei tersebut menemukan bahwa baterai low bat memberikan ancaman tersendiri bagi mereka yang kecanduan smartphone. Mereka dengan kondisi ini bahkan bisa mengalami serangan panik, 

Phantom vibration syndrome (PVS)

Mereka yang sudah akut, terkadang mengalami PVS. Gejalanya adalah seperti mengira rasa gatal yang muncul ditubuh, sebagai getaran notifikasi ponsel, yang nyatanya tidak bergeming.

(ruf/fin)