Bela UAS, Ustad Yahya Waloni Tantang Pendeta Debat Terbuka di ILC

FIN.CO.ID, Jakarta- Ustad Yahya Waloni, menantang para pendeta yang mempermasalahkan ceramah Ustad Abdul Somad (UAS), untuk duduk debat dalam forum dan disiarkan melalui televisi.

Ustad Yahya mengatakan itu, saat berceramah usai salat zuhur di Masjid Jenderal Sudirman di Word Trade Center, Jakarta Pusat belum lama ini.

“Itu Pendeta-pendeta yang tantang Ustad Somad, tantang saya yang paling tepat,” kata Ustad Yahya.

Ustad Yahya mengaku, duhulu dirinya seorang pendeta dan menjabat sebagai rektor di Universitas Kristen Indonesia dan ketua Sekolah Tinggi Teologi Calvinis Ebenhaezer, di Sorong, Papua. Hingga Ia merasa pantas jika duduk debat denga pendeta yang menyerang UAS.

“Pendeta-pendeta ini salah kalau serang Ustad Somad, serang saya. Atau bilang sama dewan Gereja, atau Majelis Ulama Indonesia (MUI), bikin debat pendeta dan ustad di TV One, Indonesia Lowyers Club (ILC),” katanya.

Sebelumnya, Abdul Somad memilih untuk tidak meminta maaf. Dia menilai, apa yang disampaikan tidak melanggar hukum. Yang pertama, ceramah yang dia lakukan itu pada tahun 2018 silam di Riau.

Yang kedua, pembicaraannya soal patung salib, bukan topik ceramahnya waktu itu. Hanya saja, dia menjelaskan patung salib berdasarkan pertanyaan dari jamaah.

Yang berikutnya, UAS melakukan ceramah di ruang tertutup, dan untuk menguatkan aqidah ummat muslim. UAS mengatakan, tidak bermaksud menyinggung agama manapun.

(dal/fin).