Ribery Berlabuh ke Fiorentina

Franck Ribery dibayangi Jesus Navas di leg kedua yang berlangsung di Allianz Arena. (Foto: Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images)

FIN.CO.ID, FLORENCE – Senyum mengembang dari wajah Franck Ribery. Tangannya mengangkat jempol bersama Jersey Fiorentina seperti yang dilansir ofisial La Viola-sebutan untuk Fiorentina , Rabu (21/8) waktu setempat. Ya, pemain Perancis ini akhirnya memilih tim besutan Vincenzo Montella dengan status bebas transfer setelah meninggalkan Bayern Munich pada akhir musim lalu.

Dikutip dari laman resmi Fiorentina, Ribry akan menggelar konferensi pers hari di Stadio Artemio Franchi, Kamis (22/8) malam. Akun Twitter La Viola, memposting video langsung dari pria 36 tahun sesaat setelah tiba di Florence dengan jet pribadi. Saat itu, Ribery mengenakan jersey ungu dan mengangkat syal di hadapan para supporter. Saya senang. Fiorentina adalah tim besar dan juga kota yang indah, ujarnya.

Ribery menambahkan, keinginannya bergabung didasari oleh dorongan mantan rekan setimnya di Bayern, Luca Toni. Seperti dilansir Football Italia, Ribery juga menandatangani kontrak berdurasi dua musim dengan gaji 4 juta euro (Rp 63 miliar) per musim.

Kedatangan Franck Ribery akan membawa angina segar bagi lini serang I Viola. Pasalnya, Ribery bisa bermain di segala posisi bersama Fiorentina, mulai dari gelandang kiri, gelandang serang, dan winger kiri.

Franck Ribery mengungkapkan, urusan kontrak telah dilakukan sepekan lalu. Kepindahanya ke Florance juga disetujui keluarganya. “Saya senang karena saya suka berada di sini. Saya memang tidak mempunyai kemampuan berbicara Bahasa Italia, tapi itu bukan masalah berarti bagi saya, ujarnya.

Mantan rekan Ribery di Munchen yang kini berseragam Fiorentina , Kevin-Prince Boateng juga men-tweet foto dirinya dengan Ribry, dengan tulisan “dia ada di sini … selamat datang di sini, tulisnya.

Ribry telah menghabiskan 12 musim bersama Bayern Munich setelah bergabung dari Marseille pada 2007. Bersama FC Hollywood, Ribery memenangkan sembilan gelar Bundesliga, enam Piala Jerman, dan Liga Champions pada 2013. Pemain sayap itu memiliki 81 penampilanya bersama Prancis dengan mencetak 16 gol, meski tanpa pernah merasakan juara Piala Dunia.

Franck Ribery merupakan satu di antara pemain senior dengan segudang prestasi. Sejauh ini, dia telah mencetak 156 gol dari 639 pertandingan di level klub, beberapa di antaranya bersama Galatasaray, Marseille, dan Bayern Munchen.

(fin/tgr)