Runtuhnya Keperkasaan Laskar Padjajaran

FIN.CO.ID – PS Tira Persikabo nampaknya tak mampu mempertahankan keperkasaannya sebagai tim yang belum terkalahkan sejak dimulainya Liga 1 Indonesia musim 2019.

Hal itu setelah keperkasaan tim berjuluk Laskar Padjajaran itu diruntuhkan Bali United. Ya, Pasukan Serdadu Tridatu -julukan Bali United- berhasil mengalahkan Tira-Kabo dengan skor tipi 2-1.

Bahkan, kekalahan pertama tim kebanggaan masyarakat Bogor itu diterima di markasnya sendiri di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/8) malam kemarin.

Stefano Lilipaly yang menjadi mimpi buruk bagi Tira-Kabo dalam laga tersebut. Hal itu lantaran, pemain naturalisasi tersebut yang berhasil mencetak dua gol kemenangan Bali United. Sedangkan gol tunggal Tira-Kabo dicetak Abduh Lestaluhu.

Tira-Kabo memang sudah tertekan sejak babak pertama bergulir. Sang laan lebih agresif dalam melancarkan serangan ke jantung pertahanan Tira-Kabo.

Alhasil, Tira-Kabo kebobolan pada menit ke-10 babak pertama. Dimana, Lilipaly yang menjadi pencetak gol bagi Bali United usai menerima umpan silang Melvin Platje.

Tertingal satu gol membuat Tira-Kabo semakin bersemangat untuk melancarkan serangan. Hal serupa juga dilakukan Bali United. Tak ayal pertandingan-pun semakin menarik untuk disaksikan.

Namun, hingga laga pertama berkahir beberapa peluang yang didapat kedua tim tak ada yang berbuah gol. Alhasil laga paruh pertama ditutup denga skor 1-0 untuk kemenangan tim tamu.

Tira-Kabo baru bisa menyamakan kedudukan saat laga memasuki menit ke-74. Berawal dari umpan terobosan ROni Sugeng, mampu dimanfaatkan Abduh Lestaluhu untuk membobol gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

Menariknya, gol yang diciptakan Abduh lestaluhu itu nampak tak ada niat. Pasalnya, Abduh berniat memberikan umpan silang kepada Loris Arnaud, namun sepakannya yang sambil terpeleset berbelok masuk ke dalam gawang Bali United. Wawan tak menyangka bola itu meluncur kedalam gawangnya.

Namun, skor imbang itu tak berlangsung lama. Sebab, pada menit ke-81, Bali United kembali unggul 2-1. Lagi-lagi Lilipaly yang mencetak gol kedua bagi Bali United itu lewat tendangan voli-nya usai menerima umpan Michael Orah.

Disisa laga, tim tuan rumah terus menggempur pertahanan Bali United. Sejumlah peluang yang nyaris terciptanya gol tak luput didapat Tira-Kabo untuk menyamakan kedudukan. Sayang, upayanya tak berhasil. Hal itu lantaran wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Skor 2-1 untuk kemenangan Bali United bertahan.

Dengan hasil ini, Tira Kabo gagal mempertahankan rekor tak terkalahkannya dari 13 laga sebelumnya. Selain itu, kekalahan itu juga membuat peringkat Tira-Kabo di klasemen sementara merosot ke posisi kedua dengan raihan 29 poin dari 14 laga.

Posisi Tira-Kabo sebagai pemuncak klasemen sebelumnya kini diisi oleh Bali United yang mengoleksi 31 poin dari 13 laga yang sudah dijalaninya. (gie/der/fin)

Susunan Pemain:

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputro (GK), Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Muhammad Abduh Lestaluhu, Muhammad Rifad Marasabessy, Ciro Alves, Manahati Lestusen, Parfait Louis, Roni Sugeng Ariyanto, Wawan Febriyanto, Loris Arnaud

Pelatih: Rachmad Darmawan

Bali United (4-2-3-1): Wawan Hendrawan (GK), Dias Angga Putra, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin, Willian Pacheco, Brwa Nouri, Fadil, Paulo Sergio, Melvin Platje, Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly

Pelatih: Stefano Cugura