Bawaslu Harus Jaga Independensi

FIN.CO.ID, JAKARTA – Bawaslu membutuhkan para pengawas pemilu yang berintegritas dan profesional. Kejujuran juga menjadi kunci utama pengawas pemilu dalam menjalankan tugasnya. Tidak memihak dan tetap independen harus dipegang teguh.

Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap, dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur, hal itu sulit diperbaiki. “Jajaran Bawaslu harus diisi oleh orang-orang yang jujur, berintegritas, dan profesional dalam perannya memajukan demokrasi Bangsa Indonesia. Apabila sumber daya manusia Bawaslu kurang cerdas, maka harus mau tekun belajar,” kata Abhan di Jakarta, Sabtu (17/8).

Dia mengungkapkan, apabila sumber daya manusia Bawaslu kurang cakap maka harus ditingkatkan dalam pengalaman pengawasan pemilu dan penegakkan hukum pemilu. “Masa depan Bangsa Indonesia akan sangat tergantung SDM Bawaslu yang cerdas, cakap, dan berintegritas,” imbuhnya.

Ia percaya, sukses pengawasan Pemilu 2019 berasal dari integritas dan profesionalitas Bawaslu selama ini. Namun, Abhan mengaku bakal terus mengingatkan kualitas SDM Bawaslu ini di masa mendatang. Terlebih, tahun 2020 akan ada penyelenggaran Pilkada serentak di 270 daerah.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu, Gunawan Suswantoro mengingatkan Bawaslu, KPU, dan DKPP merupakan satu kesatuan fungsi sebagai penyelenggara pemilu meski DKPP telah resmi menginduk ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak medio Agustus lalu.

Dia menegaskan, secara yuridis memang antara ketiga lembaga tersebut berbeda. Namun secara fungsi, baik Bawaslu, KPU, dan DKPP merupakan satu kesatuan sebagai lembaga penyelenggara pemilu di republik ini. “Jadi jangan sampai ada pemisahan antara sekretariat DKPP dengan Bawaslu. Secara yuridsi iya, tapi secara fungsional kita adalah satu kesatuan,” ungkap Gunawan.

Terlebih lagi, lokasi kantor DKPP tetap berada di lingkungan kantor Bawaslu di jalan Thamrin Nomor 14 Menteng. Karena itu, dia meminta jajaran DKPP-Bawaslu bahu membahu menyukseskan gelaran pemungutan suara.

(khf/fin/rh)