Final, Kriza-Buksi Juaranya Jakbar

Winner Boys: Tim Putra SMA Bukit Sion mengunci gelar juara Honda DBL 2019 DKI Jakarta Series-West Region setelah mengalahkan SMA Dian Harapan di Final. (foto-foto: DBL)

Runner-up, Putra-Putri Zebaoth Juga Lolos ke Championship Series

JAKARTA – Resmi sudah titel Raja dan Ratu Jakarta Barat disematkan. Tim putri SMAK 1 Penabur memastikan satu singgasana yang kosong sebagai Ratu Jakbar usai menaklukan SMA Dian Harapan dengan skor 57-35.

Pada final party Honda DBL 2019 DKI Jakarta Series-West Region, di GOR Grogol, Jumat (16/8) malam. Disusul tim putra SMA Bukit Sion yang sukses back-to-back champion (juara dua kali berturut-turut) di West Region, setelah menaklulan SMA Dian Harapan dengan skor 101-35.

Winner Girls : Tim Putri SMAK 1 Penabur berhasil menyabet gelar juara Honda DBL 2019 DKI Jakarta Series-West Region setelah mengalahkan SMA Dian Harapan di Final.

Luapan kegembiraan tak dapat terbendung lagi dari para pemain Kriza (julukan SMAK 1 Penabur) usai buzzer akhir berbunyi. Keberhasilan Kriza menjadi juara tentu menandakan lahirnya juara baru di sektor putri West Region. Selain itu, torehan tersebut sangat luar biasa bagi Kriza, setelah hiatus dua tahun dari pentas Honda DBL DKI Jakarta.

Pertandingan berjalan sengit sepanjang kuarter. Puncaknya terjadi saat laga memasuki kuarter ketiga. Dian Harapan membuka kans untuk mengejar ketertinggalan. Srikandi Zebaoth (julukan SMA Dian Harapan) bahkan bisa unggul satu poin di kuarter ketiga.

Runner Up : Tim putra dan putri SMA Dian Harapan menjadi Runner Up Honda DBL 2019 DKI Jakarta Series-West Region.

Stephanie Wijaya yang didapuk sebagai kapten tim Kriza tak henti memompa semangat rekan-rekannya di lapangan. Pada kuarter penentuan, student athlete berusia 16 tahun itu dapat membawa timnya unggul 3 poin dan menyudahi perlawanan dari Zebaoth.

Ditemui usai laga, Stephanie mengaku masih banyak yang harus dievaluasi. “Syukur kami juara di Jakbar. Tapi, tantangan sesungguhnya ada saat Championship Series nanti. Tim terbaik dari para region akan berada di sana,” ujar Stephanie.

Sementara itu, di sektor putra Buksi (julukan SMA Bukit Sion) terus memperlihatkan tajinya. Peraih tiga kali gelar Honda DBL Seri Ibu Kota tampil garang di babak puncak Jakarta Barat yang disaksikan ribuan orang.

Best Supporter Award dimenangkan oleh 1st Place SMAN 2 Jakarta, 2nd Place SMAK 1 Penabur, 3rd Place SMAN 19 Jakarta dan Best Coordinator Supporter adalah SMA Ipeka Puri.

Tim asuhan Jap Ricky Lesmana terus mengurung pergerakan dari para pemain Zebaoth. Beberapa kali tim polesan  Hery Antonius terkena 24 second violation dari ketatnya pertahanan Buksi. Hasil akhir 101-35 menegaskan dominasi Buksi di West Region.

“Puji syukur kami bisa juara lagi di West Region. Tapi, kami tidak boleh over confident yang jelas masih banyak lawan-lawan hebat di luar sana,” ujar Rafael Pasha.

Tak berbeda jauh, pelatih Zebaoth juga bakal terus memperbaiki permainan tim untuk menghadapi Championship Series. “Kami dapat pelajaran dari pertandingan di final ini. Tentu, di Championship Series kami akan lebih ngotot lagi,” tungkas Hery Antonius.

Best Three UBS Gold Dance Competition :
Tiga tim dance berhasil menjadi Best Three UBS Gold Dance Competition. Ketiga tim dance tersebut adalah SMAN 2 Jakarta (N2 Republic) – SMAK 1 Penabur (F1rst) – SMA Kristoforus 2 (JLD)

Selain laga puncak basket, pada final party juga menyajikan penampilan dari Best Five UBS Gold Dance Competition. Tiga diantaranya berhasil menjadi Best Three. Ketiga tim dance tersebut adalah SMA Kristoforus 2 (JLD), SMAN 2 Jakarta (N2 Republic), dan SMAK 1 Penabur (F1rst) yang juga mendapat penghargaan Best Costume.

Dengan berakhirnya kompetisi di Regional Jakarta Barat, persaingan akan berlanjut di North Region (Jakarta Utara dan Pusat), yang akan dihelat pada 23-30 Agustus mendatang di GOR Cempaka Putih. Dilanjutkan South Region (Jakarta Selatan)  di GOR Bulungan pada 17-25 September, dan terakhir East Region (Jakarta Timur) di GOR Rawamangun pada 27 September – 5 Oktober. Puncaknya, para finalis (juara dan runner-up) dari masing-masing regional akan dipertemukan pada Championship Series di GOR Soemantri, pada 18-26 Oktober. (ful/fin)

FINAL PARTY Dari Kiri Ke Kanan, Nurallah (Ultra Jaya), Andra Friyandana (Wahan Artha), Donny Rahardian (DBL Indonesia), Chaerisa Zelinda (Tehbotol Sosro), Christiana (Warta Kota), Yogi Gustaman (Tribun Jakarta), Robert (Pengkot Jakarta Barat) Khidmad saat menyanyikan lagu Indonesia Raya di Final Party Honda DBL 2019 Jakarta Series-West Region Jumat (16/8).