XL-Bakamla RI Wujudkan Desa Maritim Berbasis Teknologi

Bambang Parikesit (ketiga kiri) saat pembentukan Desa Maritim di Desa Balansiku, Kalimantan Utara Foto: XL Axiata For Fajar Indonesia Network

FIN.CO.ID – XL Axiata bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mewujudkan bersama program “Desa Maritim” di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Di wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia itu, kedua pihak akan mengimplementasikan teknologi digital guna mendukung kehidupan masyarakat setempat, sehingga meningkatkan aspek sosial, ekonomi, politik, serta pertahanan dan keamanan negara.

Group Head XL Axiata Ragional Jabodetabek, Kalbar, Kaltim dan Kaltara, Bambang Parikesit mengatakan, XL terus memberikan dukungan secara maksimal melalui implementasi program digital yang sesuai dengan visi Desa Maritim tersebut.

“Program ini tentu sangat strategis secara sosial, ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan RI. untuk itu kami memberikan layanan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas yang kami miliki juga sudah menjangkau wilayah ini,” ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/8).

Bambang menambahkan, di wilayah itu XL akan mengimplementasikan beberapa program seperti Laut Nusantara untuk meningkatkan produktivitas nelayan, Sisternet guna meningkatkan pemanfaatan saranan digital bagi kaum perempuan, serta Gerakan Donasi Kuota yang merupakan program dukungan bagi sekolah-sekolah agar bisa mengakses internet cepat untuk meningkatkan mutu belajar mengajar.

Tujuan penyelenggaraan desa maritim yang digagas Bakamla RI ini, yaitu untuk membantu komunitas masyarakat khususnya nelayan dalam memberdayakan sumber daya manusianya, meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup, dan lingkungan, serta agar dapat menjadi mitra Bakamla RI dalam mendukung patroli laut untuk peningkatan keamanan dan keselamatan laut.

“Selain memberikan layanan telekomunikasi yang berkualitas, XL juga memberikan pelatihan penggunaan Aplikasi Laut Nusantara yang dibangun oleh XL untuk para nelayan kecil di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Bambang.

Tak hanya itu, XL juga membekali para peserta dengan smartphone yang di dalamnya sudah terpasang aplikasi Laut Nusantara dan kartu SIM XL Axiata berikut paket data internet cepat.

Saat ini XL telah melayani masyarakat di Kabupaten Nunukan dengan infrastruktur jaringan yang memadai. Terdapat lebih dari 30 BTS termasuk 4 BTS 4G LTE dan hampir 20 BTS 3G di Kabupaten Nunukan termasuk Pulau Sebatik.(din/fin)