Hampir Tewas Di 300 km/Jam

FIN.CO.ID, JAKARTA – Joan Mir akhirnya selamat. Kecelakaan di sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Brno, Ceko hampir merenggut nyawa pembalap Suzuki Ecstar itu, awal Agustus lalu.

Dilansir dari Crash.net, Joan menceritakan kejadian horor yang menimpanya tersebut. Saat itu, Mir terjatuh dengan kecepatan tinggi di tikungan 1 Sirkuit Brno 45 menit sebelum tes usai. Sepeda motor Suzuki GSX-RR yang ditungganginya mengalami rusak parah setelah membentur dinding pembatas.

Selang beberapa saat, sang Marshal di kejauhan langsung mengibarkan bendera merah, tanda ada kecelakaan. Setelah terjatuh, Joan tidak bisa bergerak. Joan Mir juga mengaku sempat merasakan sakit dan kesulitan bernapas pada waktu itu. “Saat itu, saya sempat sadar, namun kepala dan dada saya terasa sakit,” ujarnya kepada Crash, Selasa (13/8).

Dalam keadaan setengah sadar, Joan Mir langsung dilarikan tim medis ke rumah sakit terdekat. Selang beberapa jam, ia kemudian diterbangkan ke rumah sakit lain di Barcelona.
Tiga hari menjalani perawatan, diagnosa dokter pun keluar yang menyatakan bahwa paru-parunya mengalami peradangan. Kejadian itu membuatnya absen di Race Austria, Minggu (11/8) lalu. “Saya kecewa tidak bisa berlaga,” ungkap Joan.

Senin (13/8) siang, pebalap berusia 21 tahun itu akhirnya diperbolehkan pulang. Kepulanganya tidak otomatis ia bisa kembali berlaga. Joan masih mendapatkan pengawasan ketat sebelum menjalani pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit pekan depan.

“Masih belum pasti apakah pembalap Spanyol itu siap mengikuti seri balapan MotoGP Inggris 2019 di Sirkuit Silverstone pada 25 Agustus mendatang,” tulis pernyataan resmi Suzuki Ecstar.

Hasil CT Scan menunjukkan paru-parunya masih meradang. Ini disebabkan banyaknya memar. Namun tes terakhir menunjukan adanya pemulihan dan memutuskan Joan untuk pulang ke rumah, tulisnya lagi.

Terpisah, Manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio mengatakan, saat kejadian pihaknya tengah mengembangkan paket aerodinamika yang baru. Meski berhasil, namun ia harus mengorbankan pebalap unggulanya di rumah sakit

Joan menguji paket aerodinamika baru dan kami menerima umpan balik positif darinya, jadi kami akan menggunakan itu lagi di balapan-balapan yang akan datang, ujarnya.
“Sayangnya, Joan mengalami kecelakaan di akhir tes. Ini sangat disayangkan padahal hari itu, pengujian berjalan positif,” tambahnya seperti dikutip laman resmi MotoGP.

(fin/tgr)