Capres AS Jalani Latihan Militer di Indonesia

FIN.CO.ID, WASHINGTON – Calon kandidat presiden Amerika Serikat (AS) Tulsi Gabbard akan menjalani latihan militer di Indonesia untuk memenuhi kewajibannya sebagai anggota Garda Nasional.

“Saya menantikan untuk bergabung dengan rekan tentara saya untuk melakukan latihan gabungan dengan militer Indonesia, yang akan berfokus pada kontra-terorisme dan penanggulangan bencana,” kata Gabbard dalam keterangan resminya, Selasa (13/8).

Selama bertugas sebagai Tentara Garda Nasional, Gabbard pernah ditugaskan ke Timur Tengah sebanyak dua kali. Latihan militernya kali ini bertepatan, saat ia sedang berkampanye dalam pemilihan Presiden 2020.

“Banyak yang bilang ‘ya ampun ini waktu yang buruk untuk meninggalkan kampanye, tidak bisa kamu cari cara lain?’ Ini bukan tentang itu,” kata Gabbard.

Kendati demikian, tim kampanye politisi asal Hawaii itu tetap menjalan kampanye. Gabbard sudah mengabdi di Garda Nasional AS selama 16 tahun.

Ia ditugaskan di Irak dari tahun 2004 sampai 2006 sebagai bagian dari tim medis. Gabbard memimpin pleton di Kuwait untuk menggelar operasi keamanan dan melatih tim kontra terorisme Kuwait.

“Saya mencintai negara kami, saya bersyukur dapat melayani negara saya dan rakyat Amerika dengan berbagai cara, termasuk menjadi tentara,” tuturnya.

(der/fin)