Berkas Kasus Polisi Tembak Polisi Telah Dilimpahkan

FIN.CO.ID, JAKARTA – Berkas perkasa kasus penembakan yang dilakukan tersangka Brigadir Rangga Tianto terhadap Bripka Rahmat Efendi telah selesai. Dan telah dilimpahkan ke Kejaksaan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menegaskan bahwa pihaknya telah melimpahkan berkas perkara Brigadir RT ke Kejaksaan.

“Jadi, penanganan terkait dengan anggota yang di Polsek Cimanggis yang ditembak sudah sampai tahap 1, berkas sudah kita serahkan ke Kejaksaan,” kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/8).

Dikatakan Gatot, berkas tahap pertama sudah diserahkan penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada awal Agustus 2019. Saat ini, berkas tersebut tengah dipelajari oleh Kejaksaan.

“Kalau nanti Jaksa mengatakan sudah lengkap akan dikembalikan ke kita. Kemudian, kita akan menyerahkan tahap kedua (penyerahan tersangka dan barang bukti),” ujarnya.

“Kalau masih ada kekurangan, Jaksa akan menyerahkan berkas P19 (tahap pertama) dan kita lengkapi,” sambungnya.

Dia juga mengatakan hasil tes kejiwaan, Brigadir Rangga Tianto dinyatakan normal. Dalam kejadian ini, Gatot telah meminta agar seluruh anggota yang memegang senjata api agar dievaluasi.

“Khususnya terhadap pemeriksaan psikologinya dilakukan dengan benar, sehingga anggota itu tidak mudah emosional, karena kalau emosional kan berbahaya,” katanya.

Insiden penembakan Brigadir Rangga terhadap Bripka Rahmat terjadi di ruang SPK Polsek Cimanggis, Depok pada Kamis (25/7) malam. Saat itu Rahmat hendak menyerahkan FZ, pelaku tawuran ke Polsek Cimanggis, yang diamankan olehnya di wilayah pemukimannya.

Rangga paman dari FZ tiba-tiba datang ke Polsek dan meminta agar FZ diserahkan ke keluarga untuk dibina. Namun Rahmat menyebut bahwa dia sebagai pelapor dan hendak memproses FZ. Rangga emosi mendengar pernyataan Rahmat. Dia kemudian mengokang senjata miliknya lalu menembakkan sebanyak 7 kali ke Rahmat hingga tewas di tempat.

(gw/fin)