Rizal Ramli Tantang Jokowi Pecat Menteri Perdagangan Enggartiasto

FIN.CO.ID, Jakarta- Ekonom senior Rizal Ramli, menantang Presiden Joko Widodo agar memecat Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Karena menteri asal Partai Nasdem itu diduga turut terlibat korupsi.

“Jadi saya katakan, Pak Jokowi kan pidato beberapa kali berani-berani, saya berani ini itu. Tunjukkan keberanian itu dengan pecat Enggar. Saya salut, saya angkat topi. Kalau enggak, jangan ngomong berani dah,” tegas  Rizal Ramli saat diskusi dengan wartawan dengan tajuk “Ngobrol Perkembangan Indonesia” di Jalan Tebet Barat Dalam IV, Jakarta Selatan, Senin (12/8).

Tudingan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu bukan tanpa alasan. Dia bahkan sudah memberikan semua bukti-bukti dugaan korupsi yang dilakukan Kementerian Perdagangan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penyidik KPK juga telah melakukan penggeledahan di Kantor Mendag dan mengamankan barang bukti terkait korupsi impor gula yang melibatkan politisi Golkar Bowo Sidik Pangarso.

“Eh Enggar, menteri perdagangan (dugaan) KKN-nya luar biasa. (Dugaan) korupsinya luar biasa. Faktanya sudah ada, nggak berani (Jokowi) tuh dipecat,” ucapnya.

Dia menjelaskan, sebetulnya KPK pada 3 bulan yang lalu sudah geledah kantor Enggar, dan ketemu barang bukti berupa memo-memo tentang gula. Namun hingga kini, KPL bel berani menangkap Menteri Enggar.

“Sampai titik ini KPK baru nangkep yang soal bawang doang, ini mah masih kecil nih. Ada lagi yang lebih besar, gula lebih gede,” jelasnya.

Mantan Menko Kemaritiman itu kemudian mengurai modus yang kerap dilakukan dalam korupsi impor pangan. Caranya, dengan menambahkan jumlah besaran kuoto impor.

“Dia melebihkan impor yang seharusnya berapa, dia tambahin dua juta ton untuk gula. Garam dia tambahin 1,5 juta ton. Sehingga petani petambak itu nangis, ini pemerintah kejam banget,” terangnya. (*/)