Cara Masak Daging Kambing yang Empuk dan Tidak Bau

FIN.CO.ID,  – Daging kambing merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain daging ayam dan daging sapi. Biasanya, daging kurban diolah menjadi gulai, sate, tongseng, dan masih banyak lagi.

Selain tinggi protein, daging kambing juga mengandung zat gizi lainnya yang berguna untuk tubuh, seperti lemak, kalori, kolesterol, dan zat besi. Tekstur dan rasa daging kambing ini lebih enak dan lezat apabila diolah dan cara memasak daging kambing dengan benar. Memang kelemahan utama makanan satu ini adalah bau khas prengus kambing.

Selain itu, kalau cara mengolah daging kambing tidak benar makan daging akan alot dan tidak empuk.

1. Jangan Dicuci Cukup Direbus

Daging kambing yang sudah disembelih ataupun kita beli dipasar tidak perlu dicuci terlebih dahulu saat akan dimasak.

Karateristik daging ini memang sedikit unik.

Kalau cara mengolah daging kambing nya dicuci dengan air, maka bau khas prengus kambing akan semakin keluar.

Daging cukup direbus sampai mendidih dan buang kotoran dan busa yang keluar selama proses merebusnya.

Setelah itu bisa dimasak dengan bumbu sop kambing, gulai kambing atau yang lainnya.

2. Hilangkan Bau Prengus Kambing Dengan Parutan Buah Nanas

Cara mengolah daging kambing supaya tidak prengus selanjutnya adalah dengan menggunakan buah nanas. Kupas kulit luar buah nanas kemudian parut buah nanasnya (sebaiknya nanas yang masih muda).

Setelah itu rendam daging kambing yang sudah dipotong-potong sesuai selera ke dalam parutan nanas.

Pastikan semua daging terendam dalam parutannya. Tunggu sampai empuk atau kurang lebih selama 10 menit sampai 30 menit saja setelah itu bisa diolah dengan bumbu resep kambing andalan anda.

Tetapi jangan merendam terlalu lama karena nanti bisa menyebabkan daging kambing yang akan kita olah menjadi terlalu lembek teksturnya.

3. Olah Kambing Menggunakan Daun Pepaya

Cara memasak daging kambing supaya cepat empuk adalah dengan dibungkus dengan daun pepaya. Cuci bersih daun pepaya atau cukup dilap dengan kain basah supaya kotoran dan debu yang mungkin menempel bisa hilang. Bungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya supaya tekstur daging tidak alot selama beberapa saat.

Setelah itu bisa diolah seperti biasanya.

4. Buang Lemak Daging Kambing

Selain dari dagingnya sendiri, bau prengus yang timbul dari daging kambing disebabkan karena lemaknya. Untuk itu sebaiknya lemak di daging kambing harus benar-benar dibuang terlebih dahulu.

Untuk mempermudah proses ini, daging sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di kulkas atau freezer. Setelah lemaknya mengeras kemudian bisa dengan mudah kita iris dan buang bagian lemaknya.

5. Air Perasan Jeruk Nipis

Untuk membuat daging kambing tidak bau prengus adalah menggunakan air jeruk nipis. Siram air jeruk nipis diatas permukaan daging kambing sampai rata. Diamkan supaya air jeruk nipisnya meresap kurang lebih selama kurang lebih 30 menit sampai 60 menit.

6. Taburan Garam

Cara lain untuk mengolah daging kambing supaya tidak bau prengus setelah dicuci adalah memberikan taburan garam dapur beryodium diatasnya.

Kalau sudah terlanjur dicuci, taburi semua bagian daging kambing dengan garam dapur sampai benar-benar rata. Setelah itu jangan langsung dicuci. Biarkan dahulu selama kurang lebih 60 menit supaya garam meresap dan menetralkan bau darah kambingnya.

Setelah itu bisa dicuci kembali dengan air dingin sebelum dimasak dengan resep kambing andalan.

Untuk resep olahan kambing, bisa baca di web kita dengan klik kategori Resep. (*/)