Tips Kontrol Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Pixabay

FIN.CO.ID – Dalam artikel sebelumnya, FIN membahas tentang bahaya kolesterol ketika dikaitkan dengan kondisi tertentu, salah satunya penyakit jantung. 

Meski memiliki probabilitas yang rendah, ancaman akan Sudden Cardiac Arrrest atau gagal jantung dadakan, tidak bisa dianggap remeh. 

Beberapa konsumsi makanan, seperti sate atau sop kambing, adalah salah satu penyebab, tingginya angka kolesterol jahat dalam darah seseorang. Sebab itu, penting untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, untuk mendorong pola hidup yang sehat.

Selain menghindari jenis makanan tinggi akan kolesterol, berikut beberapa konsumsi makanan untuk mengontrol kolesterol seperti diambil dari Independent:

Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua nutrien yang membantu menurunkan LDL (Kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik),

Gandum utuh

Berdasarkan hasil 45 studi, mengkonsumsi 3 porsi produk gandum utuh dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke sebesar 20 persen.

Lemak ikan

Lemak ikan seperti salmon, mackerel dan ikan forel adalah jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Selain meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan produksi HDL, omega-3 mampu meredakan peradangan dan mengurangi resiko serangan stroke.

Almond dan kenari

Almond adalah jenis kacang yang juga kaya akan asam kemak tak jenuh tunggal. Sementara kenari kaya akan asam lemak omega-3, protein dan asam amino dan yang mampu mendorong kesehatan jantung anda.

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang digunakan sejak berabad-abad lamanya. Sama halnya dengan kokoa, bawang putih mampu menurunkan kolesterol jahat sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

(ruf/fin)