Liverpool vs Lyon: Momentum Bangkit

Giorginio Wijnaldum akan menjadi andalan Liverpool saat menghadapi Lyon, Kamis dinihari (1/8). Foto: Premier League

FIN.CO.ID, GENEWA – Liverpool menjalani rangkaian pramusim dengan hasil yang cukup buruk. Berstatus sebagai juara Liga Champions 2018/19, anak asuh Jurgen Klopp itu gagal menunjukkan permainan terbaiknya.

Dari lima kali menjalani laga uji coba, The Reds-julukan Liverpool-menang dua kali, dua kali kalah, dan sekali seri. Dua kemenangan mereka raih saat membabat Wolverhampton dengan skor 2-0 (12/05) dan Bradford City dengan skor 3-1 (14/7).

Selebihnya, Liverpool bermain melempem saat menjalani tiga laga lainnya. Melawan Borussia Dortmund (20/07) mereka malah menyerah dengan skor 2 3. Demikian saat melawan Sevilla dua hari kemudian, The Reds takluk 1-2. Sedangkan hasil imbang mereka petik saat bentrok melawan Sporting CP (25/7). Duel tersebut berakhir dengan skor 2-2.

Rangkaian hasil buruk itu sempat menuai kritik. Perbedaan kualitas yang sangat mencolok antara tim utama dan tim lapis kedua menjadi persoalan mendasar bagi Liverpool. Namun Klopp berkilah, bahwa hasil buruk itu bukanlah tolok ukur kekuatan timnya.

Di laga tersebut, Liverpool masih tanpa Mohamed Salah, Alisson Becker, Sadio Mane, dan Roberto Firmino yang diberikan libur ekstra usai membela tim nasional masing-masing di Copa America 2019 dan Piala Afrika 2019. Sementara Xherdan Shaqiri dan Naby Keita masih absen karena cedera.

“Kehilangan enam pemain itu aneh rasanya. Anda kehilangan pemain di pramusim, kami terbiasa dengan itu dari waktu ke waktu, tapi tahun ini mereka bahkan tidak memulai dari awal dan datang hanya beberapa hari sebelum atau sesudah awal musim, itu tidak bagus,” ujarnya dikutipSky Sports.

Nah, kali ini The Reds akan menjalani laga terakhir pramusimnya. Lawan yang mereka hadapi cukup tangguh, yaitu Olympique Lyonnais. Laga akan digelar di Stade de Geneve, Genewa Swiss, Kamis (1/8) pukul 00.00 WIB.

Laga ini terasa penting untuk dijadikan ajang pemanasan sebelum Liverpool bentrok melawan Manchester City di Community Shield, Minggu (4/8) mendatang. Ini adalah momentum bangkit bagi Liverpool untuk menjalani laga yang sesungguhnya.

Kemungkinan besar, di laga melawan Lyon nanti, Klopp masih belum bisa menurunkan Alisson Becker, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah karena alasan kebugaran. Sangat berisiko menurunkan ketiganya meski mereka sudah kembali ikut berlatih sejak beberapa hari lalu.

Hanya mengandalkan Divock Origi, Wijnaldum, dan Oxlade- Chamberlain, adalah pilihan terakhir Klopp dalam laga kali ini. Klopp berharap, Chamberlain, Origi, dan Wijnaldum akan semakin solid dengan tambahan jam terbang. Mereka pemain yang bagus dan memiliki masa depan yang cerah, terang Klopp.

Sementara itu, Lyon jauh lebih siap menghadapi laga kali ini. Mereka lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan nanti dibandingkan Liverpool. Pasalnya, Lyon akan diperkuat sejumlah pemain yang sama saat mereka menjuarai Emirates Cup 2019. Lyon menjadi juara setelah berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1 dengan gol Moussa Dembele.

Nah, di laga kali ini pelatih Lyon Sylvinho bisa bernapas lega karena bisa memainkan Memphis Depay, Moussa Dembele, Traore, Luca, Mendes, Diop, Denayer, dan Yanga-Mbiwa yang selama ini menjadi pilar tim asal Prancis itu. Sangat menyenangkan bisa melawan Liverpool, kata Sylvinho.

(wsa/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here