Hongkong Surprises!

Ini seperti angin puyuh. Bertubi-tubi tak juga mereda.

Pekan yang terus memberikan kejutan bagi situasi dan kondisi di Hongkong. Kota yang dulunya dikenal sopan, dan tenang itu mengejutkan dunia.

 

Rakyatnya menampilkan sebuah pemberontakan dalam skala yang tidak terlihat dalam lima tahun terakhir. Dikelilingi oleh bukit-bukit beton. Gedung-gedung pencakar langit yang gagah dan sombong ternyata kuyub.

Kota kelahiran para ekonom dan pengusaha kelas dunia itu mungkin penuh sesak. Sesak dengan kekecewaan. Terjajah.

Tetapi orang-orang tampaknya menjaga diri mereka sendiri. Seperti tidak akan pernah akan ada sesuatu yang besar di sana. Dan mereka selalau membuat kejutan.

 

Ternyata tak cukup satu juta warga yang turun ke jalan pada 9 Juni lalu. Reaksi protes bertajuk “Payung Hitam” itu terus menggeliat. Demonstran minta RUU ekstradisi ke Cina dihapus.

 

Ratusan sukarelawan mendirikan tenda membantu tim medis. Membagikan air sampai makanan ringan. Ada juga tim sukarelawan berkeliling, mengambil sampah. kompak dan Ini menakjubkan.

Dan Hongkong telah mengejutkan dunia.

 

 

Ada getaran berbeda dengan Hongkong. Kedamaian itu, ternyata kamuflase dari sekian lama kejengkelan warganya. Hingga tadi malam (28/7) para demonstran tetap berdiri di tengah jalanan. Riuh melontarkan kata-kata resah.

Lautan manusia akan terus mengalir. Remaja melompati barikade, saling membantu. Meski gas air mata sudah di depan mata.

Hongkong surprises!

 

 

Naskah: Syaiful Amri

Foto-foto: AFP