Partai Oposisi Malaysia Bentuk Tim Pantau Kasus Pemerkosaan WNI

FIN.CO.ID, KUALA LUMPUR – Partai China oposisi Malaysia Chinese Association (MCA) sepakat, membentuk Tim Pemantau Kasus Pemerkosaan Pembantu Rumah Tangga (PRT) Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga dilakukan anggota DPRD Negara Bagian Perak, Paul Yong Choo Kiong.

Pengumuman pembentukan tim pemantau yang anggotanya terdiri dari pengacara, doktor, psikolog dan konselor tersebut dilakukan di Wisma MCA Jalan Ampang Kuala Lumpur, Selasa (16/7).

Sedangkan jumlah tim secara lengkap terdiri dari enam pengacara, tiga orang dokter, tiga orang konselor bersertifikat, satu orang psikolog, tiga orang anggota Pusat Konsultasi Undang-Undang Wanita MCA, tiga orang sukarelawan untuk Polisi Diraja Malaysia (PDRM) dan dua orang anggota dari Perak.

Dalam pernyataannya, mereka menyatakan tuduhan seorang anggota Komite Eksekutif Pemerintah yang juga anggota DPRD Negara Bagian Perak memperkosa pembantu, merupakan kasus kriminal yang secara langsung memberi kesan kepada nama baik sistem perundangan dan citra internasional negara, karena itu kasus tersebut harus ditangani secara seksama dan adil.

“Tujuan pembentukan pemantau adalah untuk menjadi perhatian dan mendahulukan kehendak rakyat, menegakkan doktrin semua orang sama di depan hukum, menjadi mata dan telinga rakyat serta masyarakat internasional serta menyediakan bantuan hukum, psikologi dan sebagainya,” kata Juru bicara pemantau Saw Yee Fang, usai jumpa pers di Kantor MCA Kuala Lumpur, Selasa (16/7)

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia Dr Wan Azizah Wan Ismail, yang juga menjabat Menteri Urusan Wanita, Keluarga, dan Pembangunan Masyarakat menegaskan, bahwa Departemen Kesejahteraan Sosial Malaysia menempatkan PRT asal Indonesia itu di bawah perlindungan dan tanggung jawab mereka.

“Di tengah penyelidikan otoritas Malaysia atas kasus tersebut, Departemen Kesejahteraan Sosial Malaysia memastikan perlindungan kepada PRT asal Indonesia tersebut,” kata Wan Azizah, Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Selasa (16/7).

Dapat diketahui, seorang pekerja rumah tangga (PRT) asal Indonesia diduga telah diperkosa oleh politikus Malaysia, Paul Yong Choo Kiong.

PRT Indonesia yang tidak disebut namanya itu pada 8 Juli lalu melaporkan Paul atas tuduhan pemerkosaan. Tindak pemerkosaan itu dilaporkan terjadi di rumah si politikus, yang merupakan majikan PRT ini, di wilayah Meru, Ipoh.

(der/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here