Indonesia Open: Fajar/Rian Buta Kemampuan Lawan

FIN.CO.ID, JAKARTA – Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal menghadapi wakil China, Huang Kai Xiang/Liu Cheng di babak pertama Indonesia Open 2019.

Meski lebih diunggulkan, duo Tiongkok patut diwaspadai dalam laga yang akan berlangsung di Istora Senayan, kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (16/7) atau Rabu (17/7) itu nanti.

Menurut mereka, kewaspadaan itu lantaran dirinya mengaku belum mengetahui banyak permainan lawannya tersebut. Pasalnya, sebelum berpasangan dengan Kai, Liu pernah berduet engan Zhang Nan dan berhasil menggondol gelar juara dunia pada tahun 2017.

Saat itu, Liu lebih berperan sebagai eksekutor smash di bagian belakang. Namun, untuk saat ini permainan Liu dan Kai belum bisa terbaca.

“Biasanya Liu kalau main sama Zhang kan tinggal eksekusi, semua diatur Zhang. Nah kali ini kami belum ada bayangan,” ungkap Fajar dalam jumpa wartawan di Media Center Istora Senayan, Jakart, Senin (15/07) kemarin.

“Meski mereka pasangan baru, namun Liu kan pernah meraih gelar juara dunia bersama Zhang, jadi kita tidak ingin lengah dan mau antisipasi permainan mereka sejak awal,” sambungnya.

Meski demikian, Fajar mengaku sedikit banyak dirinya mengetahui permainan lawannya itu dari segi pukulan yang dinilainya cukup bertenaga. Oleh sebab itu, ia mengaku tidak ingin melakukan kesalahan-kesalahan yang berlebihan.

“Kalau melihat dari individu mereka, pukulannya cukup kencang, ditambah shttlecock yang dipakan pada Indonesia Open juga biasanya kencang. Jadi kami akan waspada dengan permainan drive mereak, serta jangan terlalu sering memberikan bola atas,” tuturnya.

Akan tetapi, Fajar/Rian memiliki catatan bagus ketika bertanding di Indonesia khususnya di Istora. Bahkan, dalam venue itu, Fajar/Ria pernah menyabet medali perak saat berlaga di Asian Games 2018. Dukungan penonton dan atmosfer Istora diakui Fajar memang memompa semangat mereka.

“Bisa dikatakan kita selalu bermain baik di Indonesia, mungkin karena lebih percaya diri, lantaran didukung oleh suporter, serta ada tambahan semangat dari keluarga dan teman yang menyaksikan,” tukasnya.

Sementara itu, lawan berat sudah harus dihadapkan oleh pemain tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan. Dimana Ruselli bakal berhadapan dengan unggulan ketujuh asal Thailand, Ratchanok Intanon.

Menanggapi pertandingan pertamanya dengan Intanon, Ruselli mengaku akan mencoba tampil lepas meski sang lawan lebih berpengalaman dan diunggulkan.

“Karena lawan lebih diunggulkan, saya akan mencoba bermain lepas. Namun, saya berharap mampu mengimbangi permainan dia, dan harapan terbesar saya memberikan kejutan,” ujarnya di tempat yang sama.

Guna meraih hasil gemilang, Ruselli mengaku sudah mewaspadai beberapa permainan yang ia sudah ketahui dari Intanon. Bahkan, diakuinya Kepala Pelatih Tunggal Putri Rionny Mainaky sudah memberikan pelatihan khusus untuk menghadapi Intanon.

“Yang perlu diwaspadai dari Intanon itu adalah bola-bola atasnya serta serangan-serangannya. Namun, pelatih sudah mematangkan latihan kepada saya, terutama defense karena Intanon merupakan pemain menyerang,” tukasya.

Untuk diketahui, Indonesia Open 2019, akan mulai bergulir pada Selasa (16/7) hari ini. Babak pertama sendiri akan berlangsung selama dua hari yakni, Selasa (16/7) hari ini dan Rabu (17/7) besok.

(gie/fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here