1.963 Desa di 79 Kabupaten/Kota Kekeringan

    FIN.CO.ID, JAKARTA – Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sebanyak 1.963 desa di 79 Kabupaten/Kota mengalami kekeringan dampak musim kemarau yang berkepanjangan. BNPB pun menyiapkan hujan buatan untuk mengatasinya.

    Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan pihaknya segera melakukan program hujan buatan di beberapa titik kekeringan. Terlebih pihaknya juga telah mendapat surat permohonan dari beberapa kepala daerah untuk menjalankan program hujan buatan.

    “BNPB telah mendapatkan beberapa permohonan dari para kepala daerah untuk hujan buatan. Dan tadi sesuai dengan arahan Bapak Presiden, BNPB untuk menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan bantuan hujan buatan,” kata Doni usai menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo untuk membahas “Antisiapsi Dampak Kekeringan” di Kantor Presiden, Senin (15/7).

    Dikatakan Doni, berdasarkan data BNPB hingga 15 Juli, ada sebanyak 1.963 desa terdampak kekeringan. Desa-desa tersebut tersebar di 556 kecamatan dan 79 kabupaten/kota di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

    “Oleh karenanya, BNPB tentu tidak bisa sendirian, perlu bekerja sama dengan beberapa lembaga, khususnya BMKG, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan juga Markas Besar TNI. Adapun daerah yang mungkin masih bisa dilaksanakan teknologi modifikasi cuaca juga tergantung dari keadaan awan sehingga apabila awannya masih tersedia sangat mungkin hujan buatan bisa dilakukan,” terangnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here