Manfaat Berkemah di Kawasan Pegunungan

Pixabay

FIN.CO.ID – Kita pernah membahas bagaimana cara mengatasi insomnia dengan teknik kebalikan. Langsung beraktifitas setelah terbangun dari tidur, meski lebih awal dari yang direncanakan, disebut sangat baik untuk mengatasi gangguan tidur pada manusia itu. 

Selain cara di atas, para ahli menemukan cara lain untuk mengatasi insomnia, yakni dengan cara berkemah di ruang terbuka, khususnya di kawasan dengan cuaca yang sejuk, seperti pegunungan contohnya.

Menurut sebuah studi yang dirilis pada Curret Biology dan melibatkan lima orang partisipan, dengan permasalahan tidurnya tersendiri, tanpa ponsel dan alat penerangan lain, hanya bertemankan sinar rembulan, ditemukan hasil yang menarik. 

Dengan kondisi yang disebutkan di atas, para partisipan diketahui mampu tidur dua jam setengah lebih awal dari biasanya. Hal ini, menurut studi tersebut, mirip dengan apa yang ditemukan pada manusia di masa lalu, sebelum Thomas A. Edison,menemukan bola lampu.

Tidak seperti di kawasan pegunungan, mereka yang tidur dipenuhi sinar, mau itu cahaya perangkat elektronik atau penerangan lainnya, cenderung kurang puas dengan kualitas tidurnya, memicu manusia untuk terbangun di saat tubuh mereka belum siap melakukannya.(ruf/fin)